Usman, Angka Wartawan Kompeten Pagaralam Bagus


Foto: Vhan/Pagaralam Pos
]BERI ARAHAN: Direktur Utama UKW Dr Usman Yatim berikan pengarahan kepada sejumlah awak media, yang mengikuti UKW diadakan Diskominfo Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Direktur Utama Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat, Dr Usman Yatim menilai, pelaksanaan UKW yang diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pagaralam, sangat berhasil.




Ini dapat dilihat dari hasil UKW diumumkan. Dari 21 wartawan yang mengikuti ujian, 19 wartawan dinyatakan kompeten dan hanya 2 wartawan belum kompeten. “Jumlah wartawan lulus UKW cukup banyak, dibandingkan dengan belum lulus. Ini menunjukkan angka wartawan kompeten di Pagaralam bagus,” ungkap Usman.




Meski dinyatakan sudah kompeten kata Usman, wartawan tetap harus terus belajar, karena belajar itu bukan sekedar dari belum tahu menjadi tahu, tapi belajar itu harus adanya perubahan. “Wartawan itu harus miliki sikap, pengetahuan dan keterampilan (SPK). Sikap atau attitude yang menyangkut acuan moral dari profesi wartawan. Jadi wartawan, jangan tidak tahu kode etik jurnalistik,” tegasnya.




Diakui Usman, semua orang bisa menulis, wawancara dan meliput. Namun, bedanya Anda (wartawan kompeten, red) memiliki sertifikat UKW, ditandai dengan sertifikasi dan kode etik. “Jadi sudah tanggungjawab moral sikap Anda untuk mempelajari, memahami dan mengamalkan 11 kode etik jurnalistik tersebut,” ucapnya. (09)

Previous Pertikaian Pelajar Berujung Penyerangan
Next Ooooiiii Kance.!!!! (Episode 10)