Upal Mulai Beredar


Foto: Rendi/Pagaralam Pos UPAL : Tampak pemilik warung saat meperlihatkan uang palsu yang didapatnya beberapa hari lalu.
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
UPAL : Tampak pemilik warung saat meperlihatkan uang palsu yang didapatnya beberapa hari lalu.

PAGARALAM POS, Lahat – Para pedagang pasar tradisional dan pemilik toko di pinggiran jalan Kota Lahat diharapkan waspada, sebab sejak sepekan terakhir ini pengedar Uang Palsu (Upal) mulai meresahkan sejumlah pedagang, mereka biasanya mengincar warung-warung kecil untuk dijadikan sasaran.

Salah satunya Beni (35), pemilik warung di talang jawa Lahat ini menjadi korbannya. Diceritakan Beni sabtu (2/4) sekitar pukul 19.00 Upal itu diterima oleh adiknya yakni Hidayat (16) yang sedang menjaga warung, saat itu ada seorang pria yang datang membeli rokok dengan pecahan Rp 100 ribu.

Tanpa diteliti lebih dahulu, Hidayat langsung menyimpan dan memberikan sisa uang belanja kepada seroang pelaku yang diperkirakan berusia 40 tahunan, uang tersebut baru diketahui bukan asli setelah Endang menutup warung dan mengumpulkan hasil pendapatan pada hari tersebut. “Pas kita mau mengitung duit masuk. Ada 1 uang pecahan100 ribu warnanya agak berbeda, saat kita teliti, ternyata uang tersebut tidak ada benang pengamannya, saya langsung bertanya kepada adek saya (Hidayat), katanya memang ada bapak-bapak yang membeli rokok pakai duit itu,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Lahat AKBP Yayat PR Sik menghimbau masyarakat terutama para pedagang untuk lebih berhati-hati saat menerima uang dari pembeli. Menurutnya, teliti sebelum menerima perlu dilakukan untuk mengetahui keaslian uang tersebut. “Keaslian uang kan bisa diketahui dengan cara dilihat, diraba dan diterawang,” katanya. (mg21)

#baca berita selengkapnya…terbit 9 april 2016#

Previous Bus Medan Jaya Seruduk Rumpun Bambu
Next Bergagang Ratu Berisi Sumpah