TP4D Dihapuskan, Pengawasan dan Pendampingan Tetap Jalan


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Per Januari 2020, Kejari Pagaralam tak lagi melakukan pengawalan terkait program TP4D (Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah). Hal ini menindaklanjuti adanya wacana penghapusan dari Menkopolhukam.

TP4D yang bermisi memberikan pengawalan terhadap proyek strategis nasional di daerah, tentunya tidak mempengaruhi tugas dan fungsi jajaran Jaksa di Kejaksaan Negeri, khususnya di Kota Pagaralam. “Per Januari 2020 ini kita tak lagi memberikan pengawalan terhadap proyek (program, red) Pemerintah Kota Pagaralam,” ujar Kajari Pagaralam, M Zuhri SH MM didampingi Kasi Intel, Lutfy Fresli SH.

Dia juga menyebutkan, kendati demikian tidak mempengaruhi kinerja insan adhyaksa. “Fungsi pengawasan terus berjalan, begitupun juga dengan pendampingan atau konsultasi hukum, juga tetap melayani bagi institusi pemerintahan. Karena kita tidak sebatas jaksa penuntut umum (JPU). Namun sesuai diatur dengan UU tentang kejaksaan bahwa sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN). Jadi, untuk memberikan pendampingan ataupun konsultasi hukum, kita siap untuk mendampingi Negara,” paparnya.

Membahas persoalan TP4D yang dijalankan sebelumnya, ditegaskan M Zuhri, dirinya menepis jika Kejari sebagai tameng bagi para pejabat. Tetap laksanakan sesuai prosedur. Untuk mendapakan pengawalan TP4D, program kegiatan pembangunan harus jauh sebelumnya dikoordinasikan sebelum pelaksanaan. “Jika proyeknya sudah berjalan, ya, tentunya kita tolak. Kan jika tidak demikian dikhawatirkan ada apa-apanya. Dalam artian dalam pelaksanaan proyek tersebut bermasalah, baru minta pengawalan. Ya, tentu yang demikian tidak bisa dikawal,” tegasnya. (atg06/CE-V)

Previous BNN Ladang Ibadah, Jangan Nyerah Berbuat Baik
Next Awal Pembuka Pintu Wasit Bulutangkis Dunia