TMP Pagaralam Perlu Diperluas


PAGARALAM POS, Pagaralam – Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksetra Satria Seganti Pagaralam, dinilai perlu diperluas. Tujuannya, agar nantinya TMP tersebut bisa digunakan sebagai lokasi upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan.

“Kalau sekarang kan, tiap upacara Hari Pahlawan selalu dilaksanakan di Alun-Alun Merdeka. Bila sudah diperluas, upacara Hari Pahlawan bisa dilaksanakan di TMP. Inilah salahsatu harapan kami,” ucap anak pejuang kemerdekaan Indonesia, Sersan Kuase, Letnan Kolonel (Letkol) Purn H Fachuri Kuase SH, ditemui Pagaralam Pos, usai mengikuti agenda tabur bunga di TMP Pagaralam, Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah, kemarin (10/11).

Selain bisa digunakan untuk upacara, lanjut Fachuri, perluasan lahan TMP juga memungkinkan untuk membangun Taman Bahagia. Lokasinya, kata Fachuri berada di belakang TMP.

Apa itu Taman Bahagia? Kata Fachuri, Taman Bahagia diperuntukkan bagi makam para purnawiran TNI. “Kalau TMP, khusus bagi para pahlawan kemerdekaan. Kalau Taman Bahagia, untuk para purnawiran TNI,” jelasnya. Menurut dia, di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta, Taman Bahagia sudah ada.

Dirinya sambung Fachuri sudah mengusulkan mengenai perluasan TMP kepada Pemkot Pagaralam, dalam hal ini Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati. “Sudah kami usulkan,” katanya. (11)

 

Previous Rumah Panggung Ludes Diamuk si Jago Merah
Next Akhir Penantian 75 Tahun