Tingkatkan Produksi, Tambah Pendapatan Keluarga


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
TEBAR BENIH: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menebar benih ikan nila, dalam legiatan pengembangan budidaya ikan mina padi tahun 2020.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Untuk membantu pembudidaya ikan, dalam upaya meningkatkan produksi, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam salurkan bantuan benih dan pakan ikan, kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pagaralam.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam Ir Hj Zaitun MSi mengakui, bahwa tujuan dari giat pengembangan budidaya ikan mina padi tahun anggaran 2020, bertujuan untuk membantu pembudidaya ikan meningkatkan produksi, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga, sekaligus menggerakan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Target dan sasaran kegiatan ini, adalah kelompok pembudidaya ikan yang berada di Kota Pagaralam, pada saat ini mendapat bantuan berupa benih dan pakan ikan dari kegiatan pengembangan budidaya ikan mina padi, adalah Pokdakan Seganti Dusun Tanjung Payang dan Pokdakan Sumber Sakti I Dusun Jambat Balo,” terang Zaitun.

Untuk bantuan benih ikan nilah, berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi dana APBN tahun 2020 ada sebanyak 160.000 ekor untuk 11 kelompok, antara lain Pokdakan Sampurna Alam Dusun Tinggi Hari, Pokdakan Mina Kerinjing Dusun Kerinjing.

Pokdakan Serasan Sepakat Dusun Jangkar Mas, Pokdakan Kurnia Ilahi Flash Dusun Muara Siban, Pokdakan Talang Tinggi Dusun Talang Tinggi, Pokdakan Setungguan Dusun Tebing Tinggi, Pokdakan Seganti Dusun Tebing Tinggi, Pokdakan Kance Gale Dusun Meringang Lame, Pokdakan Kolam Harapan Dusun Muara Sindang, Pokdakan Tebat Pagar Embun Dusun Tegur Wangi dan Pokdakan Mandiri Dusun Cawang Baru.

“Pengambilan benih ikan pada kegiatan pengembangan budidaya ikan mina padi berasal dari Unit Pembenihan Rakyat (UPR), yang berada di Kota Pagaralam dengan maksud dan tujuan, untuk menggairahkan, menghidupkan UPR sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat pengelola perikanan rakyat di tengah pandemi Covid-19,” tutupnya. (Cg09)

Previous Miliki Mimpi Pagaralam Miliki Rumah Kopi
Next Jalan TMMD Menyempit dan Terbelah