Tembok Penahan Sungai Amblas


Foto: Rendi/Pagaralam Pos Amblas: Tampak tembok penahan di pinggiran sungai lematang yang amblas.
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
Amblas: Tampak tembok penahan di pinggiran sungai lematang yang amblas.

PAGARALAM POS, Lahat – Derasnya debit air sungai Lematang diduga menjadi penyebab amblasnya tembok penahan tanah di pinggiran sungai, seperti yang terjadi di tepian Lematang tepatnya di kawasan benteng, sepanjang puluhan meter tembok gugur ke bibir sungai.

Ambruknya tembok penahan ini bukanlah kali pertama, sepekan sebelumnya lebih kurang 20 meter tembok juga amblas di titik berbeda, jika terus dibiarkan, masyarakat resah bakal terjadi longsor, karena tepat di atas ambruknya tembok menjadi tempat warga bermukim dan jualan.

Suep, salah seorang warga menyatakan kalau yang ini baru, sekitar dua hari yang lalu (Rabu malam) hujan deras. “Air sungai membesar dan mengakibatkan tembok penahan kira-kira panjangnya 50 meter lebih runtuh,” ungkapnya.

Lanjut Suep mengaku hal tersebut sudah dikira oleh warga, karena sejak beberapa pekan terakhir ini curah hujan cukup tinggi yang imbasnya, menghantam tembok tersebut. “Kita juga menyayangkan kontruksi tembok yang sudah lama tanpa tersetuh peremajaan oleh dinas terkait, sehingga rentan dihantam ombak Lematang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wati pemilik salahsatu pengelola warung makan di tepian Lematan ini, mengaku takut akan terjadinya longsor, sebab tidak bisa tidak, kondisi tanah yang lembab bisa saja sewaktu-waktu tidak lagi mampu menahan beban, sehingga terjadilah longsor.

“Mudah-mudah tidak terjadi longsor, karena di sini masih banyak pohon besar. Jadi akar-akarnya inilah yang sementara waktu bisa mencegah longsor. Kita meminta kepada pihak terkait untuk segera memperbaiki tembok penahan yang amblas,” pintanya. (mg21/CE-V)

Previous Petani Talas Waspadai Hama Babi
Next Wartawan Dirampok Enam Pelaku Bersenpira