Sudah Over Kapasitas, 1 Kamar Ditempati Hingga 20 Orang


Foto: dok
Elheryanto SH

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kepala Cabang Rutan Pagaralam, Elheryanto SH, melalui Kasubsi, Yantahlah Nurdin SE, mengakui bahwa hingga kini daya tampung warga binaan di Cabang Rutan Pagaralam sudah over kapasitas. “Kapasitas Cabang Rutan Pagaralam mampu menampung 80 warga binaan, hanya saja sekarang ini sudah over kapasitas, dengan jumlah warga binaan ada 130 orang,” ungkap Nurdin, ketika dibincangi belum lama ini.




Dengan kondisi yang demikian itu, kata Nurdin, dalam satu kamar rata-rata dihuni lebih kurang 20 orang. “Tahun-tahun sebelumnya jumlah warga binaan di bawah angka 100 orang. Tapi, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir angkanya terus bertambah, dan tahun ini cukup banyak. Jadi, tidak salah dari 6 kamar dan 2 sel dalam 1 kamar harus diisi rata-rata sekitar 20 orang warga binaan,” sebutnya.




Dan upaya lain mengurangi kelebihan kapasitas ini selain remisi diberikan setiap tahun, juga melalui upaya optimalisasi proses integrasi sosial lewat pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas. “Program pemerintah untuk mengurangi kelebihan kapasitas antara lain pelepasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas. Syaratnya pun sama,” tegas Nurdin. (09)

Previous Kata Herpanto, Kompleksitas Masalah di Pagaralam Lebih Tinggi
Next Alumnus STTP Harus Menjadi Agen Perubahan Bangsa