Stok Darah di Rumah Sakit Kosong


PAGARALAM POS, Pagaralam – Beberapa hari belakangan, Rumah Sakit Daerah (RSD) Besemah Pagaralam dibuat pusing tujuh keliling, pasalnya stok darah sudah habis. Tak pelak, kosongnya stok darah ini membuat warga merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan darah bagi kesembuhan anggota keluarganya. “Mau tak mau saya terpaksa mencari donor darah dari luar RS dek, karena stoknya sudah habis,” ungkap Jimi (35), salah seorang warga saat dimintai keterangannya.

Sementara itu, salah seorang petugas di unit transfusi darah RSD Besemah, mengakui stok darah untuk semua golongan sudah sepekan lamanya kosong. Padahal katanya, darah itu sangatlah dibutuhkan keluarga pasien. “Untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya bisa menyarankan keluarga pasien mencari pendonor dari luar,” sambungya.

Ditambahkan Direktur RSUD Besemah Kota Pagaralam Lili Ernani SE didampingi Kepala Instalasi Transfusi Darah (ITD) Nopi Herlina, melalui Kepala Ruangan Candralika, kekosongan stok di bank darah sudah terjadi sejak sepekan terakhir. “Ketersediaan kantong darah di Bank darah ITD mengandalkan donor keluarga. Saat ini masih perlu adanya partisipasi pendonor baru, saat ini terdata sekitar 50 pendonor aktif,” ucap Candralika. (11/06/CE-V)

Previous Yenli Resmi Jabat Ketua KPU
Next Upah “Pasukan Biru” Naik Rp 50 Ribu