Sepasang Harimau ‘Teror’ Warga di Kebun Kopi Tanjung Iran Pagaralam


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Petani tercatat warga di Dusun Gunung Agung Lame, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, akhir-akhir ini dibuat gusar ketika ingin memetik kopi di kebun kawasan Bukit Tanjung Iran.

Pasalnya, ada dua ekor harimau berukuran besar, kerap berkeliaran di kebun kopi warga. Tak hanya itu, warga pun sering mendengar auman dari kucing besar ini. “Kira-kira sebesar anak sapi, bewarna loreng. Pastilah itu harimau,” ujar Jecky warga sekitar.

Senada dikatakan Rado (24), Ketua RT 12 Dusun Gunung Agung Lame, bukan hanya Jekcy seorang yang melihat harimau di kawasan perkebunan kopi Tanjung Iran. “Sampai saat ini sudah ada lima orang yang melihatnya secara langsung,” ujar Rado.

Penduduk ini kata Rado lagi, melihat harimau di waktu dan hari yang berbeda-beda. Bahkan ada seorang penduduk yang melihat dua ekor harimau sekaligus. “Posisi harimau itu sudah dekat sekali dengan Dusun Gunung Agung Lame,” ucap Jusri, Ketua RW Dusun Gunung Agung Lame, ditemui terpisah.

Menurut Jus, harimau itu sejatinya bermukim di sebuah bukit yang masuk hutan lindung. Namun katanya, karena kemarau, harimau ini mulai sulit mendapatkan sumber air dalam bukit. “Akhirnya harimau ini ke luar hutan mencari air, ya misalnya ke Sungai Selangis,” tutur Jus.

Keberadaan harimau itu kata Jus, membuat sebagian besar penduduk menjadi ketakutan. Mereka akhirnya memutuskan untuk tidak datang ke kebun. “Resikonya terlalu besar,” ucap Jus. Dirinya berharap, supaya ada respon dari pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan harimau ini. (11)

Previous Wako: Penangan Kumuh Harus Berkelanjutan
Next Jauh Lebih Nyaman, Akses Kampung IV Sudah Pengerasan