Selain Bisa Gambar dan Bikin RAB, Mahasiswa Ini Pandai Ukur Luas Tanah


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
UKUR BIDANG TANAH: Mahasiswa STTP Jurusan TS gelar praktik pengukuran bidang tanah datar di halaman kampus.

PAGARALAM POS, Karang Dalo – Membekali keterampilan dan skill kepada seluruh Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam (STTP) di Jurusan Teknik Sipil (TS), terutama bagi Mahasiswa yang duduk di Semester V menjadi perhatian serius pihak Kampus.




Pembinaan khusus pun diberikan, berupa ujian praktik pengukuran luas bidang tanah, dengan menggunakan alat ukur Theodolite, Mahasiswa ini mulai melakukan pengukuran luas bidang tanah, baik sisi kemiringan ataupun bidang datar.




“Tujuan dari praktik ini, kita ingin memberikan pembekalan, kepada Mahasiswa TS agar nanti ketika menghadapi dunia kerja, terlebih bila mereka mendapatkan pekerjaan, sesuai bidang digeluti tak akan terkejut lagi,” jelas Kepala STTP Asminah MM MKom, melalui Dosen Teknik Sipil Sang Gumilar, kemarin.




Gumilar menerangkan, praktik diadakan ini juga merupakan basic atau teknik dasar, yang harus dimiliki dan diikuti mahasiswa Semester V, dengan mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah, untuk Mahasiswa TS ada beberapa hal menjadi basic, pertama menyangkut ilmu gambar, membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan mengukur luas lahan.




“Dari praktik yang diadakan itu, dalam tanda kutip bisa menjadi bekal dan ilmu mereka, kalau mereka ingat terus, akan ilmu yang telah diberikan, tentu kedepan dapat jadi proyek bagi mereka, baik itu untuk konsultan maupun kontraktor,” terangnya.




Gumilar juga mengusulkan kepada pihak Kampus, untuk melakukan pengadaan alat ujian praktik. “Di Jurusan TS ini, Mahasiswa harus bisa gambar, membuat RAB dan mengukur, kalau tidak ketiga-tiganya tentu akan susah bagi Mahasiswa itu sendiri,” jelasnya. (09)

Previous Adu Bang Pelan-Pelan !! Pengendara Diminta Tetap Santun Melintas
Next Angkat Nama Baik Cabor Pencak Silat, Agus Suyatna Pimpin IPSI Pagaralam