RSUD Lahat Turun Kelas, “Tubagus” Itu Wajar


Foto : Heru/Pagaralam Pos
Tubagus Muh Abdus Somad

PAGARALAM POS, Lahat – Hasil reviu Kementrian Kesehatan RI, berdasrkan Permenkes No 56 Tahun 2014, mengenai klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Rupanya RSUD Lahat masuk dalam deretan 15 nama rumah sakit di Sumsel yang tidak sesuai kelas. Alhasil, rumah sakit milik Pemkab Lahat itu mengalami penurunan dari kelas C ke kelas D.

Menanggapi hasil reviu Kemenkes tersebut, Sekretaris Komisi IV DPRD Lahat, Tubagus Muh Abdus Somad SPdi mengatakan, wajar jika RSUD Lahat mengalami penurunan kelas. Mengingat jika dari segi pelayanan kesehatan yang diberikan petugas medis selain dokter, dinilai masih jauh dari kata memuaskan.

“Sebagai komisi yang membidangi, kita sering menerima pengaduan masyarakat soal pelayanan. Banyak sejumlah tenaga medis yang bukan dokter, menyinggung para pasien,” ujar Tubagus, Senin (29/7).

Lanjut Tubagus, pihaknya sendiri sudah sering menyampaikan keluhan masyarakat tersebut, kepada manajemen rumah sakit plat merah itu. Hanya saja, mental yang dimiliki oleh SDM RSUD Lahat, dinilai belum siap untuk berubah, bahkan tidak jarang pasien yang merasa ditelantarkan.

“Ini harus jadi perhatian Direktur RSUD Lahat yang baru. Perbaikan kelas tidak hanya dari segi infrastruktur, tapi juga pelayanan yang benar dirasa oleh masyarakat,” sampai Politisi PKS itu. Disisi lain, manajemen RSUD Lahat rupanya merasa keberatan, atas penurunan kelas tersebut. Direktur RSUD Lahat, dr Hj Erlinda M Kes, melalui Kabag Tu, Erwansyah SKm mengklaim, dari sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, hingga tenaga dokter ahli, tidak ada lagi permasalahan. “Untuk pelayanan, sudah sesuai standar. Kita akan melakukan sanggahan atas penurunan kelas ini,” katanya. (mg02)

Previous Suplay Air Bersih ke 167 Pelanggan Mati Total
Next Indonesia Masuk Peringkat 8 Dunia