Ratusan Gram Sabu, Hasil Operasi Antik 2019 Diblender Petugas


Foto : Ist/Pagaralalm Pos
MUSNAHKAN : Ratusan gram narkoba jenis sabu, hasil operasi Antik 2019 dimusnahkan

PAGARALAM POS, Musi Rawas – 119,16 gram narkotika jenis sabu dimusnakan dengan cara di blender oleh Polres Musi Rawas (Mura), dan BNN Kabupaten Mura serta Pemerintah Kabupaten Mura.

Dimana, Barang Bukti (BB), keseluruhan berjumlah 127, 31 sabu, didapatkan dari tersangka, Sentra Bayu Denta (40) warga Desa Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Kemudian, 7 gram sabu untuk bukti di persidangan serta 1,15 gram sabu untuk pemeriksaan di Labfor Polri Cabang Palembang. Selain sabu yang dimusnakan, sedikitnya ada tujuh tersangka yang ditahan karena terlibat dengan perkara narkoba terjaring dalam Operasi Antik 2019.‎

Pemusnahan tersebut dipimpin Kabag Ops, Kompol Handoko Sanjaya, serta dihadiri langsung Bupati Mura, H Hendra Gunawan dan Kepala BNN Kabupaten Mura, Hendra Amoer, Kalapas Narkotika Kelas II A Lubuklinggau, Suyatna beserta jajaran Polres Mura.‎ Pemusnahan tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Mura, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu (31/7).

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kabag Ops, Kompol Handoko Sanjaya, saat press release mengatakan bahwa, BB narkoba jenis sabu kita musnahkan, selain itu juga ditahan beberapa tersangka, berkat kerjasama antara Polres Mura, khususnya Satnarkoba serta informasi dari warga serta sektor lainnya. “Dari kerjasama banyak pihak dan informasi dari masyarakat, Maka dari itu, kami berhasil meringkus tersangka serta melakukan pemusnaan BB,” katanya.

Kompol Handoko menjelaskan, pemusnaan BB yang dilakukan, tidak lain hasil dari Operasi Antik yang dilakukan selama 13 hari, terhitung 16 Juli hingga 29 Juli 2019. “Namun, operasi yang dicatatat ini, bukan hasil yang dicapai tetapi upaya tindakan dan pencegahan atau disebut P4GN, oleh sebab itu dilakukan pemusnaan BB,” terangnya.

Lebih lanjut, Kompol Handoko menjelaskan, 127, 31 gram sabu diamankan untuk tahun 2019 selama Operasi Antik, namun untuk tahun sebelumnya, ada BB lainnya yakni Miras dan Senpira, tetapi untuk Miras dan Senpira dimusnakan gabungan di Mapolda Sumsel. “Kita bangga dengan apa yang didapatkan anggota, namun yang prihatin, ternyata masyarakat masih banyak menggunakan barang haram, intinya mohon kerjasama intansi, agar bersama-sama melakukan pencegahan dan pemberatasan menggurangi narkoba, agar di Kabupaten Mura dan Muratara terbebas dari narkoba,” jelasnya.

Disinggung berapa jumlah nilai nominal uang dari sabu 119,16 gram?  ‎”Senilai Rp 130 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi yang dicapai dalam rangka perang terhadap narkoba. “Namun, tantangan semakin berat, oleh sebab itu, sinergiritas dan koordinasi dengan intansi serta masyarakat. Karena semuanya punya peranan penting dalam memberantas narkoba,” terangnya.

Bupati menjelaskan, narkoba merupakan musuh kita bersama, apapun usaha yang akan kita lakukan, berbagai modus, berbagai cara sesuai dengan tugas dan fungsinya, apalagi sekarang mulai dari tingkat SD hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi, terlibat dengan penyalagunaan narkoba.

“Sebab, apabila melakukan pemberantasan narkoba ini merupakan salah satu wujud Mura Sempurna, namun yang perlu ditegaskan harus dibentengi dengan agama, apabila agamanya kuat, maka bisa menekan penyalahgunaan narkoba,” tutup Bupati. (mg03)

Previous Pemuja Sabu Diringkus Dipinggir Jalan
Next AKN Lahat Bakal Ditutup