Polio Belum Ada Obatnya


PAGARALAM POS, Pagaralam – Menuju Pagaralam Bebas Polio, Dinas Kesehatan Kota Pagaralam menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016, kemarin. Salahsatunya digelar di Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara.

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni Mkes mengatakan, pemberian vaksin ini serentak dilakukan tanpa memandang status imunisasi, khusunya balita dari umur 0-59 bulan. untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat Pagaralam untuk membawa anak-anak ke pos pin terdekat untuk mendapatkan pelayanan polio. “Penderita polio ini menyebabkan kecacatan terhadap anak, seperti kaki besar sebelah, sehingga nantinya akan memupuskan impian dan cita-cita anak,” tegasnya.

Di tempat terpisah, kegiatan pekan imunisasi nasional (PIN) juga dilakukan di Klinik Pratama PTPN VII Unit Usaha Pagaralam, di Gunung Dempo. “Polio merupakan penyakit yang berbahaya. Itu salahsatunya bisa dilihat dari dampak yang ditimbulkannya. Penyakit bisa menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Polio disebabkan oleh virus,” ucap dokter Puskesmas Gunung Dempo, dr Teti.

Ditambahkan dr Teti, sifat virus ini jika sudah masuk dalam tubuh memang pasif alias lebih banyak diam. Tapi, jika sudah tiba waktunya, virus ini akan bergerak aktif. Hingga saat ini kata dr Teti, polio belum ada obatnya. Untuk itulah, penyakit polio harus dicegah sedini mungkin. Salahsatu cara yang tepat dengan diberi imunisasi, agar sistem terhindar dari polio. (11)

Previous Gratis Sewa Setahun
Next Amankan 13 Pembalak dan Ratusan Kubik Kayu