Pertahankan Lumbungan Pangan Tak Bergeser


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
KERJA BAKTI: Puluhan pegawai dan staf DKPP Kota Pagaralam kerja bakti lakukan pembersihan lingkungan Kantor BBI, dalam giat Jum’at bersih.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Bentuk optimalisasi keberadaan Kantor Balai Benih Ikan (BBI) Kota Pagaralam, puluhan petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam secara serentak gelar aksi bersih-bersih lingkungan BBI, Jum’at (12/6) pagi.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam, Ir Zaitun MSi menuturkan bahwa giat yang diadakan ini sebagai bagian dari optimalisasi keberadaan BBI, dengan membersihkan terlebih dahulu lingkungan dan fisik bangunan.

“Kita juga akan membenahi aset-aset di BBI, kemudian kita juga akan sinkronkan dengan RPJMD tahun 2018 – 2023. Kalau BBI ini berfungsi optimal kita bisa bagikan benih ikan ke masyarakat,” ucapnya.
Untuk penebaran benih ikan sendiri, dikatakan Zaitun, telah dimulai dari wilayah Kecamatan Dempo Selatan. “Rencananya kita juga akan mengadakan rapat dengan seluruh Camat dan Kasubag Perencanaan yang ada di Kecamatan, agar dapat mendata ulang tebat berada di wilayahnya. Karena setiap tebat itu dimiliki beberapa Kelurahan atau Dusun,” paparnya.

Keberadaan tebat ini, tambah Zaitun, akan dinormalisasi berikut ditebar benih ikan, dengan harapan di tahun 2023 mendatang masyarakat Kota Pagaralam sudah bisa mandiri dalam turut serta mewujudkan ketahanan pangan di Pagaralam.
“Bila keberadaan BBI sudah optimal, kemudian tempat-tempat di Pagaralam sudah berdaya terutama masyarakatnya, itu ke depan orientasinya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pagaralam,” serunya.

Menurut Zaitu, Pagaralam merupakan salahsatu daerah lumbung pangan dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel. “Dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, Pagaralan salahsatu daerah lumbung pangan di Sumsel. Mulai dari beras, sayur mayur maupun ikan. Yang jelas itu semuanya sumber protein hewani dan nabati. Kita upayakan bagaimana caranya Pagaralam jadi lumbung pangan Sumsel itu tidak bergeser,” harapnya. (Cg09/CE-V)

Previous Pasien Positif Covid-19 Palembang, Isolasi di Empat Lawang
Next Tetap Gunakan Protokol Kesehatan Covid-19