Pergunakan Sertifikat Tanah untuk Hal Produktif


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SIMBOLIS: Perwakilan masyarakat di Kelurahan Tumbak Ulas, Nendagung dan Reba Tinggi terima sertifikat tanah, yang secara simbolis diserahkan langsung Walikota Pagaralam Alpian Maskoni.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH secara simbolis menyerahkan sebanyak 500 sertifikat bidang tanah, merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 kepada masyarakat, bertempat di Ruang Rapat Besemah II Setdako Pagaralam, Senin (9/11) siang.

“Mewakili Pemkot dan masyarakat Kota Pagaralam mengucapkan terimakasih kepada BPN Kota Pagaralam, sebagai perpanjangan Pemerintah Pusat, yang telah memfasilitasi dan membagikan sertifikat tanah di Pemkot Pagaralam,” jelas Kak Pian.

Hal ini kata Kak Pian, merupakan bentuk semangat dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional, dalam memperingati puncak Hari Agraria. “Kami tentunya mengucapkan terimakasih dan turut berbahagia atas perayaan ini, dalam target BPN Kota Pagaralam untuk dapat membagikan sertifikat sebanyak 2.017 bidang, yang akan dibagikan secara bertahap, pada Senin (9/11) diserahkan sebanyak 500 sertifikat bidang tanah secara simbolis,” ucapnya.

Tentunya penyerahan simbolis secara terbatas, yang dilakukan secara terbatas ini, sebut Kak Pian, telah memenuhi maksud dan tujuan, serta terpenting masyarakat telah dapat menerima manfaat dari pembagian sertifikat ini.

“Ini adalah bentuk pemberian kepastian, serta keabsahan penguasaan lahan oleh masyarakat. Tentunya, juga sertifikat ini harus dijaga, jangan sampai rusak ataupun hilang, bahkan pesan Presiden Jokowi Dodo dalam penyerahan simbolis sertifikat tanah, dilakukan secara virtual agar dapat dimanfaatkan secara baik, untuk hal-hal produktif peningkatan maupun pemulihan perekonomian,” imbuhnya.

Jadi jangan pernah menitip sertifikat biar aman di Bank, sebut Kak Pian, setelah pulang dari Bank mampir ke dealer, untuk mengambil suatu kendaraan, sebab mungkin dalam kurun waktu 1 hingga 2 bulan bisa senyum-senyum, tapi begitu masuk di bulan berikutnya cicilan sudah mulai datang mulai pusing kepala.

“Tapi kalau untuk hal positif, baik itu modal kerja ataupun modal usaha, merupakan salahsatu tujuan dari pembagian sertifikat bidang tanah ini. Besar harapan kami BPN Kota Pagaralam, bisa terus bersinergi bersama Pemkot Pagaralam, dalam bersama-sama untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Pagaralam,” harapnya. (Cg09)

Previous ITAGI : Uji Klinik Vaksin COVID-19 Diawasi Dengan Seksama Guna Pastikan Keamanan dan Efektivitasnya
Next RBM Jembatan Masyarakat Layanan Rehabilitasi