Penyuluh KB di Empat Lawang Belum Ideal


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Tenaga penyuluh Keluarga Berencana (KB) yang ada di Kabupaten Empat Lawang, masih sangat minim dan belum dikatagorikan ideal, pasalnya jumlah penyuluh yang ada terdapat 11 orang tersebar di 10 Kecamatan.




Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Empat Lawang, Sulni di Tebing Tinggi, Senin (15/10). “Idealnya perkecamatan itu ada 5 orang penyuluh KB, jadi pelayanan bisa berjalan secara maksimal,” ujar Sulni.




Dilanjutkan Sulni, dari jumlah penyuluh yang ada masing-masing 1 orang per-kecamatan hanya Kecamatan Tebing Tinggi 2 orang penyuluh KB, bahkan status penyuluh KB yang ada saat ini bukan lagi pegawai daerah melainkan pegawai pusat di tugas atau wilayah kerjanya di Kabupaten Empat Lawang. “Untuk kewenangan penambahan penyuluh KB itu ada di BKKBN Provinsi Sumsel, sedangkan daerah tidak ada kewenangan penambahan namun bisa saja mengusulkan,” ungkapnya.




Masih dikatakan Sulni, baru dikatakan ideal penyuluh KB dalam satu orang maksimal menaungi dua Kelurahan dan satu Desa, namun kenyataan di Empat Lawang dalam satu Kecamatan satu orang penyuluh. “Penerimaan CPNS tahun ini ada kuota untuk penyuluh KB dari BKKBN Provinsi, mengenai penempatannya yang mengatur BKKBN Provinsi bukan kita,” katanya.




Namun ditambahkan Sulni, meskipun jumlah penyuluh KB yang ada di Empat Lawang ini tergolong minim namun pelayanan di Kecamatan masih tetap berjalan baik. “Tapi meski penyuluh kekurangan pelayanan masih berjalan seperti biasa, alhamdulilah tidak ada hambatan,” tambahnya. (07)

Previous Kelalaian, Picu Meningkatnya Angka Laka
Next Pasar Rakyat Talang Darat, Ramai Hanya Saat Musim Kawe