Pelunasan PBB Ditarget 100 Persen


KEWAJIBAN:Seorang warga menunjukkan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) PBB beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam- Camat Dempo Utara Arjanggi Priatna Hutama SSTP MAP menargetkan pelunasan pajak bumi dan bangunan (PBB) 2021 mencapai 100 persen. Berlaku di seluruh kelurahan yang ada di wilayahnya. Ia pun siap memberikan insentif dan ditambah hadiah satu ekor kambing per kelurahan.

Arjanggi menuturkan,PBB merupakan salahsatu sumber pendapatan asli daerah (PAD).Karenanya semakin besar realisasi PBB, akan mempengaruhi PAD. “PAD Pagaralam ini termasuk yang paling kecil di Sumsel.Karena itu kita harus bantu meningkatkannya dari PBB,’ujarnya ketika ditemui Pagaralam Pos di kantor Kelurahan Rebah Tinggi kemarin (15/4).

Adapun caranya disebutkan Arjanggi adalah membentuk tim penagihan PBB di tujuh kelurahan.Tim ini terdiri lurah, Bhabinkamtibmas, dan RT/RW dan disahkan melalui keputusan camat dan diketahui sekretaris daerah. Begitu surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) sudah ada, mereka langsung bergerak menagih. “Kalau bisa mencapai 100 persen lunas,itu bagus.Tapi tembus 80 persenitu sudah lumayan,”ucapnya.

Tim penagihan akan diberikan insentif yang per bulannya mencapai Rp300 ribu.Ini supaya mereka bersemangat menagih. Tak hanya itu Arjanggi bilang akan memberikan satu ekor kambing bagi kelurahan yang realisasi PBB-nya mencapai 100 persen. “Tahun lalu yang dapat kambing Kelurahan Muara Siban dan Jangkar Mas,”ujarnya.

Sementara itu Lurah Rebah Tinggi Hendi Kurniawan SE menyatakan mendukung penuh pembentukan tim penagihan PBB tersebut. Ia mengatakan, akan berusaha supaya pelunasan PBB tahun ini mencapai 100 persen. (pid11/Mg01)

Previous Disangka untuk Dapat Bantuan
Next 10 ribu Nila untuk Betelang