Pedagang Musiman Direlokasi


PAGARALAM POS, Pagaralam – Puluhan pedagang musiman yang menyesaki bahu jalan di kawasan wisata dan komplek perkantoran terpaksa dibongkar dan direlokasi oleh petugas gabungan Pemkot Pagaralam ke pusat tenda kuliner di lapangan MTQ.

Pantauan Pagaralam Pos di lapangan, kemarin, penertiban yang dilakukan petugas gabungan melibatkan anggota Satuan Polisi Pamong  Praja (Sat Pol PP) Kota Pagaralam juga petugas kelurahan setempat dan Kecamatan Pagaralam Selatan dalam upaya mengantisipasi kesemrawutan kawasan yang dikunjungi wisatawan jelang moment pergantian tahun baru.

Sementara, upaya penertiban yang dilakukan petugas gabungan dan aparat penegak Perda ini berjalan lancar. Sejumlah pedagang musiman membongkar sendiri tenda jualannya. Atas inisiatif Pemerintah Kota Pagaralam direlokasi atau ditata ulang dengan menyiapkan lokasi lapangan Eks MTQ Gunung Gare sebagai pusat tenda kuliner dalam rangka menyambut tahun baru.

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes mengatakan, direlokasinya pedagang musiman yang banyak mendirikan tenda-tenda jualan di kawasan gunung gare sebagai upaya memperindah penataan kota agar terkesan lebih rapi dan tidak semrawut dalam rangka menyambut tahun baru, sehingga para pengunjung lebih nyaman dan mudah jika ingin mencari jajan kuliner yang diinginkan. “Nantinya semua pedagang diharuskan berjualan di tenda kuliner ini. Diharapkan pedagang musiman bisa memanfaatkan lokasi tenda kuliner dengan sebaik-baiknya,” ujarnya, disela kunjungan sekaligus mencicipi jajan kuliner di kawasan MTQ, kemarin malam.

Sementara itu, Kepala Kantor Sat Pol PP dan Linmas Kota Pagaralam Drs Bhakti N MSi mengatakan, penertiban yang dilakukan sebagai upaya penataan kota. “Sebagian tenda dan lapak dagangan kita bongkar, mereka kita larang untuk berjualan di pinggir jalan. Namun, mereka tetap diperbolehkan berjualan di kawasan di lapangan Eks MTQ,” katanya.

Selain mengantisipasi kemacetan akibat banyaknya kendaraan pengunjung wisata, penertiban ini juga untuk kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang liburan ke sejumlah objek wisata di Pagaralam. (06)

Previous Pagaralam tak Bisa Nikmati Program 1 Desa Rp 1 Miliar
Next Jalur Gunung Dempo Satu Arah