Pandemi Covid-19, Daftar Nikah Bisa Online


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
BERKAS: Memasuki bulan Mei 2020 petugas KUA Pagaralam Selatan, berhasil mencatat ada 6 berkas pengajuan nikah dari pasangan Catin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Di tengah pandemi Covid-19, pendaftaran layanan pencatatan nikah masih tetap dibuka. Hanya saja mekanisme pendaftaraannya, tidak dengan tatap muka di Kantor Urusan Agama (KUA), seperti pula di KUA Pagaralam Selatan.

“Pendaftaran layanan pencatatan nikah masih tetap dibuka. Hanya, mekanisme pendaftarannya tidak dengan tatap muka di KUA, tapi secara online melalui web simkah.kemenag.go.id,” terang Kepala KUA Pagaralam Selatan Drs Isnawi.

Menurut Isnawi, terhitung sejak tanggal 24 April – 29 Mei 2020, pendaftaran nikah sudah bisa dilakukan secara online lewat web simkah.kemenag.go.id, sedangkan pelayanan akad nikah di masa pandemi, hanya akan dilaksanakan di KUA.

“Sejauh ini, untuk pasangan Calon Pengantin (Catin) yang sudah mendaftar secara online, khusus di wilayah KUA Pagaralam Selatan di bulan Mei ini sudah ada 10 pasangan nikah, sedangkan di Juni nanti ada 6 pasangan nikah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, tambah Isnawi, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 4 tahun 2020, tentang penyesuaian sistem kerja pegawai, dalam pencegahan Covid-19 atau virus corona, pelayanan di KUA Pagaralam dilaksanakan secara online. “Bagi masyarakat yang ingin mendaftar nikah di KUA Pagaralam Selatan, bisa mengakses nomor Whats App (WA) petugas KUA Pagaralam Selatan,” tandasnya. (Cg09/CE-V)

Previous Masih Menunggu Petunjuk BNN RI
Next IBGM Bagi-bagi Takjil