Normalisasi Tebat Serame


POTENSI: Wako Alpian melepas bibit ikan nila ke dalam Tebat Betelang kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam, Alpian SH menebar 10 ribu ekor bibit ikan nila, kemarin (16/4). Lokasinya, di Tebat Betelang Dusun Tanjung Pasai Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara. Kak Pian mengatakan, ini merupakan salahsatu bentuk normalisasi tebat serame (milik bersama masyarakat).

Ia pun berharap bibit ikan berkembang dan kelak bisa dinikmati masyarakat. Sehingga bisa membantu meningkatkan gizi, sekaligus mencegah kasus stunting pada anak-anak. “Ada kurang lebih 17 tebat serame di Pagaralam. Ini akan kita bantu bibit ikan,” ujarnya ketika ditemui Pagaralam Pos setelah menebar bibit.

Lebih lanjut dikatakannya,penebaran bibit ikan ke dalam tebat milik bersama masyarakat juga terkait dengan ketahanan pangan. Diharapkan ketahanan pangan masyarakat semakin kuat. Karenanya ia memastikan program bantuan bibit ikan ini akan terus berlanjut.

Sementara itu Camat Dempo Utara, Arjanggi Priatna Hutama SSTP MAP menjelaskan, pelepasan bibit ikan nila tersebut merupakan realisasi permohonan pada 2020. Saat itu pihaknya mengusulkan bantuan bibit ikan untuk tebat-tebat milik bersama masyarakat kepada Pemkot. Adapun tujuannya, disebutkannya untuk meningkatkan populasi ikan di dalam tebat. “Alhamdulillah, tahun ini ada tiga tebat di Dempo Utara yang dapat bantuan bibit ikan,” ucapnya.

Selain Tebat Betelang di Tanjung Pasai, rencananya tebat Kerinjing di Kelurahan Agung Lawangan juga akan mendapatkan bantuan serupa. Sementara satu tebat lagi yakni di Muara Siban, Kelurahan Muara Siban tak jadi. Ini karena tebat ini sekarang sudah kering. Arjanggi berharap masyarakat Tanjung Pasai dapat memelihara ikan di dalam Tebat Betelang dengan baik. Sehingga populasi ikan tercapai sesuai keinginan. “Tolong dijaga,” pesannya.(pid11/CE-V/Mg01)

Previous Hiburan Malam Dilarang Beroperasi
Next Momentum Kebersamaan untuk Pelayanan Prima