Masyarakat Jangan Takut, Pengajuan Mutasi PBB Gratis


Foto: dok/Pagaralam Pos
Iwan Mieke Wijaya

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dalam kegiatan dialog interaktif di Radio Besemah FM, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagaralam mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat, seputar Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB-P2) di Kota Pagaralam.




Salahsatunya, yakni pertanyaan soal SPPT PBB-P2 yang nama wajib pajaknya, masih nama pemilik tanah/rumah yang lama, sedangkan tanah/rumah itu, telah dijual (berubah pemilik), apakah bisa diubah namanya sesuai dengan nama pemilik sekarang ?




“Untuk proses jual beli terkait dengan mutasi nama PBB-P2, seperti contoh bila si A membeli tanah kepada si B, tapi PBBnya masih nama si A, kalau ingin mutasi PBB syaratnya ialah pertama jangan dulu di bayar PBBnya, kita perbaiki dahulu,” ujar Plt Kepala BKD Kota Pagaralam Iwan Mike Wijaya ST melalui Kabid Penagihan, Jepri Zulfikar, kemarin.




Adapun syarat pengajuan mutasi (balik nama) atau keberatan untuk memperbaiki PBB itu, tambah Jepri, antara lain membawa foto copi KTP, foto copi KK, surat jual beli dan mengisi blanko permohonan untuk pengajuan mutasi atau keberatan, terakhir harus membawa SPPT PBB yang akan diperbaiki.




“Pengajuan mutasi atau keberatan PBB-P2 ini, biayanya gratis, tidak dikenakan sepeser pun. Pengurusannya, satu hari selesai. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, bila ingin melakukan pengajuan mutasi nama PBB, meski di tengah masyarakat kesannya menilai semua pengurusan itu bayar,” ungkapnya. (09)

Previous Fachri: Mata Batin Saya Menilai, Ludi Miliki Hati yang Tulus
Next Maju Independen, Bako Masih Pilih ‘Jomblo’ Dahulu