Longsor, Jalan Penghubung Talang Darat – Tanjung Keling Sengkiap Putus


Foto: Ist/Pagaralam Pos
TUTUPI JALAN: Longsoran tanah menutupi badan jalan penghubung Dusun Talang Darat-Tanjung Keling.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tebing di tepi jalan penghubung Dusun Talang Darat – Tanjung Keling, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara longsor. Akibat kejadian ini akses menuju Talang Darat ke Tanjung Keling maupun sebaliknya sengkiap (nyaris) putus.




Lurah Burung Dinang Franses Jhoniko menuturkan, longsor itu terjadi bersamaan dengan turunnya hujan Sabtu pekan lalu (24/3). “Lokasi persisnya setelah SMPN 10. Masuk wilayah RT 03 RW 01,” ucap Iko kepada Pagaralam Pos melalui sambungan telepon seluler tadi malam.




Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi Iko menyatakan, longsor itu membuat aktivitas warga Talang Darat dan Tanjung Keling menjadi terganggu. Material longsor yang menutupi badan jalan membuat warga tak bisa lewat. Padahal, jalan ini adalah akses satu-satunya yang menghubungkan Dusun Talang Darat dengan Tanjung Keling.




Saat ini, ditambahkan Iko, material longsor tersebut sudah dibersihkan. Tumpukan tanah di permukaan badan jalan disingkirkan dengan peralatan seadanya. Sehingga, jalan ini kembali bisa dilewati meskipun harus ekstra hati-hati.




Kendati Iko mengaku masih khawatir, di musim penghujan seperti sekarang, longsor kembali terjadi. Untuk itu, pihak Kelurahan Burung Dinang juga sudah melapor kepada pihak Kecamatan Dempo Utara. “Untuk diteruskan ke pihak BPBD,” lanjut Eko. “Mudah-mudahan ada tanggapan,” katanya pula.




Diakui Iko, kontur tanah di sekitar jalan penghubung itu memang gembur. Ini membuatnya mudah sekali longsor ketika diguyur hujan. Karenanya disebutkannya, salahsatu solusi agar kejadian tak terulang di kawasan ini dipasang semacam tembok penahan. “Kalau ada penahan, longsoran tanah tak sampai ke badan jalan,” tutur dia. (11)

Previous Debat Kandidat Putaran I, Melempem di Awal Seru di Ujung Segmen
Next Pecandu & Korban Narkoba, Wajib Jalani Rehabilitasi Medis dan Sosial