Libatkan Polres dan TNI Perketat Pengawasan


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PERKETAT: Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni pimpin rapat koordinasi persiapan new normal, berlangsung di Ruang Rapat Besemah III.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH pimpin rapat persiapan New normal, bertempat di Ruang Rapat Besemah III, dihadiri Sekda Kota Pagaralam, Samsul Bahri Burlian; Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenni Shandiyah SE MH; Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH; Pabung Dandim 0405 Lahat, Kapten Inf Darul Kutni; perwakilan Kejari dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pagaralam, Selasa (2/6).

“Di kondisi new normal, siap tidak siap kita harus siap. Pagaralam sendiri 1 dari empat Kabupaten/Kota di Sumsel yang masuk dalam rekomendasi untuk new normal, kendati sebenarnya sebelum pernyataan itu kita telah memulai tahapan tersebut,” kata Kak Pian.

Adapun tahapan yang telah dimulai itu, sebut Kak Pian, dengan membuka fasilitas atau tempat ibadah untuk para jama’ah Masjid yang telah dijalankan, kemudian baru ada informasi rekomendasi daerah yang masuk new normal.
“Berbicara new normal ini, ada beberapa hal yang khususnya di Pagaralam. Pertama itu tempat ibadah yang telah dimulai, kedua pasar, yang secara khusus memang kita tidak pernah menutup pasar, ketiga tempat wisata, dan yang keempat mengenai perkantoran. Yang kelima, itu tentang Sekolah,” paparnya.

Tentang wisata yang menjadi bahan perbincangan, tambah Kak Pian, akan tetapi dari itu semua yang paling penting ada protokol Covid-19 ini, yang minimal mengedukasi dan meminta masyarakat untuk bisa melakukannya, yakni jaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Tiga hal inilah yang minimal harus bisa dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19, dalam rangka melaksanakan tiga hal ini, kita punya beban yang lebih besar lagi, dengan kita diberikan kewenangan untuk new normal, jangankan menertibkan di Pasar, untuk tempat ibadah pun kita masih punya kendala untuk melaksanakan tiga hal ini,” ungkapnya.

Menurut Kak Pian, kalau di Pasar interaksinya lebih ketat lagi, jadi dimintakan kepada Sat Pol PP untuk bisa berkoordinasi dengan Polres Pagaralam dan TNI untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat lagi. “Kita juga akan berusaha untuk memperbanyak fasilitas cuci tangan di tempat umum,” imbuhnya. (Cg09/CE-V)

Previous Joncik Kaget Empat Lawang Masuk Wilayah New Normal
Next Cegah Covid-19, Jalin Kerjasama Baik Antar Instansi