Jaring 451 Pelanggaran Protokol Kesehatan


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SANKSI DENDA: Tampak pelanggar Prokes Covid-19 yang tidak mengenakan masker, ketika beraktivitas di luar rumah terjaring razia dikenakan sanksi denda.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Selama 10 hari pelaksanaan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 Kota Pagaralam. Tim Gakkum Ops Yustisi Pelanggaran Prokes Covid-19 Perwako Nomor 30 tahun 2020, berhasil menjaring 451 pelanggaran dari warga, yang tidak mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Di hari ke-10 pelaksanaan Operasi Yustisi Prokes Covid-19 ini, Tim Gabungan TNI, Polri, Dishub, Kejaksaan dan Sat Pol PP Kota Pagaralam, melakukan razia penggunaan masker di kawasan Lapangan Merdeka, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Senin (30/11).

Hasilnya, pada pelaksanaan giat Operasi Yustisi Prokes Covid-19 itu. Setidaknya, masih mendapati masyarakat maupun pengguna kendaraan, yang tidak menggunakan masker. Dan jumlahnya mencapai 24 orang.

Kepala Sat Pol PP Kota Pagaralam Mastullah SPd MSi menyebutkan, bahwa dalam kurun waktu 10 hari pelaksanaan, operasi Yustisi Prokes Covid-19 di Kota Pagaralam berhasil menjaring 451 orang, terdiri dari sanksi administratif ada 206 orang dan saknsi denda ada 245 orang.

“Dalam 10 hari pelaksanaan Operasi Yustisi Prokes Covid-19, kita berhasil menjaring sebanyak 451 orang, yang sebagian kita kenakan sanksi denda, serta sebagian lagi dikenakan sanksi administratif, yang sifatnya Daya Paksa Polisional,” ujar Mastullah.

Untuk sanksi diberikan di giat Operasi Yustisi Prokes Covid-19 sendiri, kata Mastullah, mulai dari sanksi denda, sanksi administratif dan juga sanksi Daya Paksa Polisional. Menurut Mastullah Operasi Yustisi tersebut, meski disertai sanksi. Namun, tetap dalam konteks edukasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, dalam menjalankan Prokes Covid-19, seperti hal pemakaian masker, yang merupakan salahsatu cara efektif mencegah penularan Covid-19.

“Pemakaian masker yang benar oleh setiap orang, dapat menakan potensi penularan virus Corona. Karena itu, kegiatan Operasi Yustisi Prokes Covid-19, ditujukan untuk selalu mengingatkan masyarakat, agar dapat menerapkan Prokes dalam rangkan memutus mata rantai dan mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Cg09)

Previous Amankan 69 Batang Ganja Siap Panen
Next Kembali Buka Penerbangan Perintis