Jalur Pendakian Tetap Dibuka


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasca kejadian tewasnya Febriansyah Akbar (20), salahsatu pendaki asal Palembang yang akan melakukan Pendidikan Dasar (DIKSAR) pecinta alam di kawasan puncak Gunung Api Dempo (GAD) akibat cuaca ekstrim, dua pintu masuk jalur pendakian ke GAD Kota Pagaralam tetap dibuka.




“Saat ini, dua pintu masuk jalur pendakian di kampung empat maupun puncak rimau tetap dibuka untuk umum, baik untuk pendakian siang hari maupun malam hari,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, Herawadi melalui Kasi Kedaruratan, Kusmi Efendi.




Masih dibukanya dua pintu masuk jalur pendakian ke puncak Dempo kata Kusmi, berdasarkan berbagai pertimbangan. “Selain status Gunung Api Dempo masih berada di level I aktif normal, juga Gunung Dempo masih menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta alam yang menginginkan tantangan pendakian ke top Dempo,” terangnya.




Meski tetap dibuka jalur pendakian ke puncak, pihaknya tetap memperketat pengawasan bagi siapapun yang akan menuju ke puncak, paling tidak memastikan kelengkapan bawaan peralatan pendakian yang dibawa, supaya kejadian tewasnya pendaki di puncak Dempo tidak terulang kembali.




Sementara itu, Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, Mulyadi mengatakan, berdasarkan hasil laporan pengamatan yang didata selama kurun waktu satu minggu lalu, kondisi Gunung Dempo terpantau aman. “Kondisi aman ini, memungkinkan puncak Dempo masih terbilang aman untuk pendakian. Meski demikian, perlu mewaspadai angin kencang dan kabut tebal yang sering melanda kawasan Gunung Dempo,” imbaunya. (08)

Previous Layanan Kesehatan jangan Dibedakan !
Next Sabu Dibuang di Kloset