Jalankan GSM, Dorong Kreativitas Siswa


Foto: Ist/Pagaralam Pos
TERAPKAN GSM: Memasuki Semester Genap di tahun ajaran baru 2020/2021, keluarga besar SMK Negeri 2 Kota Pagaralam bakal menerapkan sistem pembelajaran GSM.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2020 ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, sehingga dimasa ini harus senantiasa dituntut kreativitas, yang maksimal untuk pembelajaran di era Covid-19.

Ini pula yang terus dilakukan keluarga besar SMK Negeri 2 Kota Pagaralam, yang telah memberikan pembejalaran kepada siswa, lewat penggunaan siswa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) itu Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring).

“Untuk KBM yang kita jalankan di masa pandemi Covid-19, kita telah melakukan sistem pembelajaran Daring dan Luring, yang tentu saja dalam pelaksanaannya masih memiliki banyak kendala. Di SMK Negeri 2 Kota Pagaralam kegiatan Daring dan Luring itu, masih tetap berlangsung dengan guru di Sekolah dan siswa di rumah,” ujar Kepala SMK Negeri 2 Kota Pagaralam Pandra MPd.

Proses KBM yang tetap berjalan ini, diakui Pandra, tentu saja masih tetap mengalami banyak kendala, mulai dari keaktifan siswa dalam KBM, sedangkan untuk jaringan internet ada tapi presentasinya sangatlah kecil. “Makanya, dalam setiap bulan itu, kita monitor melalui laporan wali kelas untuk kegiatan Daring, dengan mencari apa yang menjadi kendala dan juga permasalahannya, sehingga kita pun mencarikan solusi secara bersama,” imbuhnya.

Untuk Luring kata Pandra, kalaupun siswa itu tidak mempunyai android, maka siswa diberikan penugasan melalui Whats App (WA) dan setiap hari juga pasti ada siswa yang datang, dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dan memberikan tugas kepada guru yang bersangkutan.

“Kita akui di tengah masa pandemi Covid-19 ini, memang ada sedikit perubahan. Akan tetapi itu tidak menjadi penghalang, sekarang ini ada istilah Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), yang ini akan kita kembangkan di SMK Negeri 2 Kota Pagaralam, yang disesuaikan pula dengan tuntutan perkembangan zaman, apalagi di SMK siswa dituntut lebih berkreativitas dan kreativitas dalam kegiatan belajar, ” paparnya. (Cg09)

Previous Jangan Panik bila Terjadi Musibah Kebakaran
Next Integrasi Digitalisasi Informasi Satu Data Vaksin COVID-19, Dua BUMN Digandeng