Jalan Negara Kerap Terendam Air


Foto: Edo/Pagaralam Pos AIR MELUAP: Kondisi jalan Negara di wilayah Kelurahan Karang Dalo kerap dibanjiri air, akibat tidak adamya saluran drainase.
Foto: Edo/Pagaralam Pos
AIR MELUAP: Kondisi jalan Negara di wilayah Kelurahan Karang Dalo kerap dibanjiri air, akibat tidak adamya saluran drainase.

PAGARALAM POS, Karang Dalo – Genangan air membanjiri Jalan Negara berada di wilayah Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, kerap menghambat lalulintas (Lalin) kendaraan yang melintas di lokasi jalan ini, untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, permukaan badan jalan yang terendam air, tidak sedikit membuat para pengendara mengeluhkan hal tersebut.

Putra (26), salah seorang pengendara sepeda motor mengaku, genangan air hingga meluap ke badan jalan ini merupakan penghambat aktivitas berkendara, karena para pengendara harus berhati-hati saat melintas menyeberangi air yang tergenang di jalan.

“Setiap turun hujan jalan ini pasti banjir, penyebabnya tidak lain akibat tidak adanya saluran drainase di sisi kiri dan kanan jalan, serta ditambah lagi posisi jalan terendam air berada di turunan, sehingga kiriman air berada di atas semua menumpuk di badan jalan ini. Karena itu, air meluap dan membanjiri badan jalan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kondisi ini mestinya pemerintah atau pihak terkait melakukan upaya agar jalan digenangi air yang kerap dikeluhkan pengendara secepatnya bisa diatasi. Agar masyarakat dan pengendara mendapatkan kenyamanan saat melintas di lokasi tersebut. “Bila di bagian sisi kiri dan kanan jalan ini dibuatkan saluran drainase, tentu kita tidak harus was-was ketika melajukan kendaraan,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Wati (29), warga sekitar mengatakan, jika ketiadaan saluran drainase di pinggiran jalan ini telah membuat badan jalan Negara di wilayah Kelurahan Karang Dalo, terus-terusan digenangi air pasca turun hujan. Bahkan ada di sisi kiri jalan yang terdapat gundukan tanah, kini perlahan-lahan mulai berlubang dengan diameter yang lebar dan cukup dalam.

“Kalau genangan air merendam jalan ini dek, tidak pernah berhenti lagi, karena hujan sedikit saja permukaan jalan sudah tergenang, apalagi bila intensitas hujannya cukup tinggi, bisa-bisa genangan airnya bertambah dalam. Kita berharap pihak terkait bisa memperhatikan kondisi ini,” pintanya.

Menanggapi permasalahan ini, Lurah Karang Dalo Hermanto mengungkapkan, memang di sekitar pinggiran jalan Negara Kelurahan Karang Dalo, tidak memiliki saluran drainase yang memadai, sehingga tak salah bila volume air hujan cukup besar permukaan badan jalan kerap terendam air. “Kita mengimbau kepada masyarakat dan pengendara, agar bisa lebih meningkatkan kehati-hatian ketika melintas,” imbuhnya. (09/CE-V)

Previous Tingkatkan Kerjasama dan Koordinasi
Next Pembinaan Maksimal Ciptakan Keluarga Harmonis