Hampir Overload, Trafo Diuprating


Foto: Indra Lahat Pos for Pagaralam Pos GANTI TRAFO: Petugas PLN saat melakukan pergantian salahsatu trafo di dekat Masjid Agung Pagaralam.
Foto: Indra Lahat Pos for Pagaralam Pos
GANTI TRAFO: Petugas PLN saat melakukan pergantian salahsatu trafo di dekat Masjid Agung Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Upaya menjaga kelancaran pasokan listrik terus dilakukan PLN Rayon Pagaralam. Caranya, tak hanya sekedar tebas bayang. Seperti kemarin (23/1), perusahaan pelat merah itu melakukan pergantian trafo di dekat Masjid Agung. Trafo yang lama diganti dengan trafo dengan kapsitas yang lebih besar.

Manajer PLN Rayon Pagaralam, Iliyas melalui Supervisor Teknik, Welly menjelaskan, pergantian tersebut dilakukan karena trafo lama hampir overload. Atau kapasitasnya hampir tak mampu lagi menampung pemakaian listrik yang terus meningkat.

“Tingkat overloadnya sudah mencapai 80 mencapai. Tentunya harus diganti agar pasokan listrik kepada pelanggan tetap terjaga dengan baik. Pergantian trafo ini kita namakan uprating,” tutur Welly, ketika dihubungi via ponsel, kemarin (23/1).

Dalam uprating tersebut, trafo lama berkekuatan 160 KVA diganti dengan kapasitas 200 KVA. Dengan kapasitas itu, trafo baru bisa berfungsi dengan maksimal. Listrik pun bisa mengalir dengan lebih lancar.

Menurut Welly, uprating dalam bulan ini baru diadakan satukali saja. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kembali di bulan yang akan datang. “Nanti kita cek dulu kondisi trafonya. Kalau memang hampir overload, kita ganti,” terangnya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan proses uprating tersebut. Sebab, semuanya dilakukan oleh petugas-petugas yang sudah andal dan berpengalaman. “Seperti hari ini (kemarin), prose upratingya berjalan lancar,” sebutnya.

Dalam hal pelayanan, Welly menerangkan, agar masyarakat memanfaatkan layanan call center 123. Kata dia, dalam layanan tersebut, pelanggan ataupun warga bisa mendapatkan aneka informasi. Mulai dari pasang baru, tambah daya dan gangguan. “Listrik untuk kehidupan lebih baik,” tandas Welly. (11/CE-V)

Previous Laporkan Jika Ada Pertikaian
Next Drainase Buruk, Jalan Gunung Langganan Banjir