Empat Lawang Masuk Kategori Kurang Aman


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Nilai luhur budaya di Kabupaten Empat Lawang cukup bagus jika dinilai dengan angka. Nilainya antara 60 sampai 70. Demikian hal ini diungkapkan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Empat Lawang, Januarsyah, usai pembukaan kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa di Hotel Zulian, kemarin.

Namun di sisi lain, lanjut Januarsyah, pihak Provinsi Sumsel mengatakan Kabupaten Empat Lawang dari segi keamanannya dikategorikan kurang aman. Kedepan, pihaknya akan membentuk Forum Kewaspadaan Dini di Masyarakat (FKDM). “Salahsatu tugas forum tersebut menjaga keamanan daerahnya masing-masing. Jika ada permasalahan, maka diselesaikan secara musyawarah terlebih dahulu,” katanya.

Sedangkan untuk budaya membawa golok atau senjata tajam (sajam) di pinggang, kata Januarsyah, itu bukan kebudayaan, namun kebiasaan. Golok di pinggang itu boleh saja, jika akan bepergian ke kebun atau ke sawah, perlu untuk memotong kayu-kayu. “Kalau hanya bepergian di dalam kota, tidak boleh. Sama seperti ketika sedang menghadiri hajatan, sangat tidak diperbolehkan membawa golok,” imbaunya. (07/CE-V)

Previous Ditemukan Kampung Zaman Batu
Next Kawanan Pencuri Kulit Kayu Manis Diamankan