Dipengaruhi Aroma dan Cita Rasa


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PROMOSI: Lurah Candi Jaya Agus Irwanto turut mempromosikan kopi petik merah, yang kini tengah dikembangkan masyarakat Candi Jaya.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sejak tiga tahun lalu, petani penggiat kopi di Kelurahan Candi Jaya, terus berupaya meningkatkan kualitas kopi petik merah, termasuk pula dari segi penjemuran kopi, sudah memakai atau menggunakan dom.

“Untuk penggorengan penggiat kopi disini, sudah menggunakan mesin roasting, tidak di goreng secara tradisional lagi,” ujar Lurah Candi Jaya Agus Irwanto SE.

Diakui Agus, keberadaan pengusaha mandiri petik merah di Candi Jaya ada 8 hingga 10 orang, sehingga dari sini setiap pengusaha kopi itu, menciptakan aroma tersendiri. “Karena bicara kopi itu, tentu soal cita rasa dan aroma, jadi mereka menciptakan trik-trik tersendiri, jadi tinggal konsumen memilih, cita rasa dan aroma kopi bagaimana yang sesuai dengan lidahnya,” serunya.

Ditambahkan Agus, pihaknya berharap apa yang telah diusahkan masyarakat selama ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Karena dari hasil panen dan pasca panen, tentu nilai ekonomis lebih tinggi, kalau selama ini kopi dijual asalan, dikisaran diharga Rp18 ribu – Rp20 ribu, kalau setelah diolah dan dipacking dengan benar, harga jualnya bisa meningkat,” tutupnya. (Cg09)

Previous Kembali Buka Penerbangan Perintis
Next Bansos Tunai Cair Lagi...!!!