Desak Pengerjaan Jembatan Lematang II Segera Dirampungkan


Foto: Rendi/Pagaralam Pos JEMBATAN: Kondisi terkini bangunan Jembatan Lematang II yang masih berupa pancangan tiang, proses pengerjaannya belum kunjung dilanjutkan. Foto diambil Sabtu (6/8).
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
JEMBATAN: Kondisi terkini bangunan Jembatan Lematang II yang masih berupa pancangan tiang, proses pengerjaannya belum kunjung dilanjutkan. Foto diambil Sabtu (6/8).

PAGARALAM POS, Lahat – Proses pengerjaan Jembatan Lematang II yang sudah sejak beberapa tahun terakhir terhenti, hingga kini belum kunjung dilanjutkan. Pantauan terakhir, Sabtu (6/8) sore, bangunan yang melintang di atas Sungai Lematang yang menghubungkan Desa Manggul, Kecamatan Kota Lahat dan Kecamatan Pulau Pinang ini masih berupa tiga pancangan tiang. Sementara itu, di area bangunan sendiri tidak ada tanda-tanda aktivitas proses pengerjaan dilanjutkan.

Dikatakan Aswari, selain menjadi penghubung Desa ke Desa yang dipisahkan oleh sungai, jembatan yang proses pengerjaanya sudah dimulai sejak Tahun 2013 itu juga merupakan akses jalan alternatif untuk mengurai kepadatan arus lalulintas kendaraan, sekaligus sebagai solusi pengurangan beban bagi Jembatan Lematang I yang ada di Desa Tanjung Payang, Kecamatan Kota Lahat. “Kita tahu bahwa Kabupaten Lahat ini dialiri oleh banyak Sungai, di antaranya Sungai Lematang. Keberadaan jembatan ini sangat penting dan juga membuka akses desa-desa yang masih terisolir, sehingga pembangunan pun dapat berjalan dengan merata,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU BM Provinsi Sumsel, Syamsul Bahri, mengakui bahwa pengerjaan Jembatan Lematang II memang sempat mandek. Hal ini disebabkan karena kondisi keuangan yang masih belum stabil. Meskipun belum berani menargetkan, dirinya menegaskan bahwa pengerjaan jembatan ini akan segera dirampungkan. “Sehingga ke depan kita dapat segera merealisasikan rencana pembangunan jembatan lainnya,” ucapnya. (mg21/CE-V)

#baca berita selanjutnya…terbit 9 agustus 2016#

Previous Plt Bupati Dituding Tak Indahkan Surat KASN
Next Pakai Pelat Luar Disanksi Pidana