Cari Bapak Angkat, Giat Baksos Minimalisir Tingkat Kebakaran


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PRAKTIK: Salah seorang peserta Pelatihan Keterampilan Kejuruan Instalatir Listrik, tengah mempraktikkan ilmu yang diberikan tenaga instruktur.

PAGARALAM POS, Reba Tinggi – Inovasi dan terobosan digencarkan Unit Pelayanan Tenik Daerah (UPTD) Kota Pagaralam, sebagai pemberdayaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga terampil di bidangnya. Salahsatu upaya itu, ialah dengan mewacanakan mengadakan giat Bakti Sosial (Baksos) meminimalisir tingkat kebakaran rumah, yang seringkali terjadi karena konsleting listrik, akibat pemasangan instalasi listrik yang tidak standar.




“Pemanfaatan tenaga terampil dari peserta Pelatihan Keterampilan, terkhusus untuk Kejuruan Teknis Instalatir Listrik terus kita perhatikan. Rencananya, akhir tahun ini, kita akan mengadakan Baksos meminimalisir tingkat kebakaran rumah, dengan memperhatikan dalam hal pemasangan instalasi listrik di titik-titik rumah di pemukiman masyarakat,” terang Kepala UPTD LLK Kota Pagaralam Diego Ossolino melalui Tenaga Instruktur Listrik Arman Fitriansyah, kemarin.




Dikatakan Arman, kebanyakan yang menjadi penyebab kebakaran rumah itu, karena konsleting listrik yang didasari dari pemasangan instalasi listrik yang tidak standar, sehingga kerapkali pun bisa dijumpai di rumah masyarakat, pemasangan kabel listriknya carut-marut.




“Tapi untuk melaksanakan Baksos ini, kita butuh dan masih menunggu kalau ada bapak angkat, yang bisa mensuport penuh kegiatan tersebut, kita juga akan mengajak pihak PLN. Di sini tenaga instruktur dan peserta pelatihan listrik LLK, akan mendata standarisasi pemasangan instalasi di tiap rumah masyarakat, dengan menyisir pemukiman masyarakat, yang masuk ke dalam titik-titik daerah rawan terjadi kebakaran,” jelasnya.




Untuk tahap awalnya, tambah Arman, minimal 10 rumah terlebih dahulu, yang didata dan benar-benar carut- marut pemasangan instalasir listriknya. Dan Lewat aksi Baksos ini, sambung Arman, pihaknya berharap minimal dapat meminimalisir tingkat kebakaran, terjadi di Kota Pagaralam. “Minimal bisa meminimalisir tingkat kebakaran rumah, yang selama ini sering terjadi karena konsleting arus listrik. Selain itu, juga dapat menjadi sarana promosi, bagi UPTD LLK Kota Pagaralam kepada masyarakat,” harapnya. (09)

Previous 1 Warga Binaan Hirup Udara Bebas di Hari Raya Idul Adha
Next Bus Sarat Penumpang Hantam Pembatas Jalan