BLHD Temukan Ada Pencemaran PT LIP


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Empat Lawang mendapatkan laporan dari masyarakat adanya indikasi pencemaran sungai Sepang di Desa Muara Saling Kecamatan Saling oleh PT Lawang Indah Pratama (PT LIP).

Kepala BLHD Kabupaten Empat Lawang Mgs Nawawi mengatakan, pihaknya setelah mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi, untuk mengecek secara langsung laporan dari masyarakat tersebut. “Saya langsung terjun ke lokasi di Desa Muara Saling. Alat untuk mengecek air juga sudah kita siapkan,” ujar Nawawi, Senin (31/10).

Setelah mengecek ke lokasi, kata Nawawi, pencemaran sungai tersebut tenyata memang ada. Informasinya pencemaran tersebut terjadi sejak Jum’at ( 28/10). “Memang ado temuan setelah kita mengecek ke lokasi, sifatnya Force Majeur yaitu disebabkan oleh faktor alam, tanggul pembatas serbuk dengan sungai jebol akibat tidak tertahan dengan terjangan air,” ungkap Nawawi.

Pihaknya, kata Nawawi, sifatnya hanya memberikan pembinaan terlebih dahulu. Selanjutnya akan mencari jalan tengah (solusi, red) antara masyarakat dan pihak PT. “Jika pengakuan dari pihak PT mereka siap bertanggung jawab atas jebolnya tanggul,” katanya.

Sementara itu Camat Saling, Aidil Yuliansyah membenarkan jika adanya kerusakan tanggul PT LIP, sehingga jatuh kesungai. Namun, kata Aidil, setelah kejadian tersebut dirinya langsung menghubungi pihak PT untuk mempertanyakan kejadian tersebut. “Setelah kita hubungi, pihak PT mengaku langsung mengecek ke lokasi dan langsung membersihkan serbuk kayu yang jatuh ke sungai,” ujarnya.

Terpisah, Pimpinan lapangan PT LIP Joko, mengaku siap bertanggung jawab atas kejadian jebolnya tanggul pembatas serbuk yang dekat dengan sungai. “Setelah saya mengetahui adanya kejadian itu, saya langsung terjun ke lokasi, lalu membentuk tim untuk membersihkan sungai,” katanya.

Dirinya, selaku pihak PT siap bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Jebolnya tanggul tersebut, sebutnya diakibatkan faktor alam yakni hujan deras beberapa hari ini. “Kami siap bertanggung jawab. Dengan cara akan menyiapkan air untuk masyarakat, atau masyarakat bisa mandi ditempat kami. Dan juga hingga saat ini kami masih membersihkan sungai,” tandasnya. (07)

#baca berita selengkapnya…….terbit 2 November 2016#

Previous TSK Pembunuh Satu Keluarga Tukang Bakso Diancam Hukuman Mati
Next Kisi-Kisi Soal US Mulai Dibahas