Bersama Menjaga Warisan Sejarah


Foto: Pidi/Pagaralam Pos PEDULI: Suasana kerja bakti yang dilaksanakan Besh Hotel Pagaralam, TNI dan komunitas Pagaralam Move on di situs megalit Tegur Wangi Baru, Jum’at lalu (16/9).
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
PEDULI: Suasana kerja bakti yang dilaksanakan Besh Hotel Pagaralam, TNI dan komunitas Pagaralam Move on di situs megalit Tegur Wangi Baru, Jum’at lalu (16/9).

PAGARALAM POS, Pagar Wangi- Jangan kaget bila Anda berkunjung ke situs megalit Tegur Wangi di dusun Tegur Wangi Lama Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara. Situs yang berisi arca manusia itu kini lebih kinclong dari sebelumnya. Ini setelah manajemen Besh Hotel Pagaralam, TNI, dan komunitas Pagaralam Move On melaksanakan kerja bakti di situs itu. Kerja bakti ini dilaksanakan pada Jum’at lalu (16/9).

Pengamatan Pagaralam Pos, kerja bakti dimulai pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Jalan setapak menuju kompleks megalit yang bolong ditambal. Pagar yang buram dicat ulang. Demikian pula dengan bangunan utama, juga dicat ulang. Walhasil, kompleks situs itu terasa baru lagi.

Dijumpai di sela-sela kerja bakti, Direktur Besh Hotel Pagaralam, Eko Sujianto PhD menjelaskan, kerja bakti dilakukan sebagai wujud komitmen pihaknya untuk ikut serta menjaga warisan sejarah yang bernilai tinggi. “Kita ingin situs megalit ini selalu terjaga dengan baik. Untuk mencapai itu, tentu kita-kita ini harus ikut serta,”papar Eko.

Ditemui di tempat yang sama, Juru Pelihara (Jupel) Situs Tegur Wangi, Rian, menyambut baik kerja bakti yang diadakan manajemen Besh Hotel, TNI dan komunitas Pagaralam Move on. “Ini membuktikan bahwa menjaga dan memelihara situs megalit merupakan tanggung jawab kita bersama,”ujar Rian.

Sementara, Ketua RW Dusun Tegur Wangi Lama, Rides menyatakan, pihaknya mendukung upaya untuk menjaga kelestarian warisan sejarah seperti situs megalit. “Warga selalu siap untuk dilibatkan,”seru Rides.

Untuk diketahui, kerja bakti di situs megalit bukan kali pertama dilakukan Besh Hotel. Beberapa bulan lalu, manajemen hotel ini bersama dengan PWI (persatuan wartawan Indonesia) menggelar kerja bakti di situs megalit Tanjung Aro Kecamatan Pagaralam Utara. Hasilnya juga memuaskan. Setelah kerja bakti, situs itu nampak lebih bersih. (11)

#baca berita selengkapnya…..terbit 19 september 2016#

Previous Fusce vestibulum justo pretium consequat felis
Next Hasil Tes 10 Pejabat Masih Rahasia