Berhasil Padamkan 54 Titik Api


PAGARALAM POS, Pagaralam – Sepanjang Januari hingga Oktober 2015 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam mencatat sebanyak 54 titik api, berhasil dipadamkan terjadi di wilayah Kota Pagaralam.

“Terhitung 1 Januari hingga 30 Oktober 2015 lalu, kita mencatat ada 54 titik api yang berhasil di padamkan, dengan titik api terbanyak terdapat di wilayah Kecamatan Dempo Selatan, Kecamatan Dempo Tengah, Kecamatan Dempo Utara dan Kecamatan Pagaralam Utara,” ujar Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi SSos melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan PBK Herdensi SE, kemarin.

Menurut Herdensi, upaya pemadaman titik api di tengah musim kemarau, tentu dilakukan secara maksimal, dengan mengerahkan seluruh petugas PBK, bila terdapat musibah kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kota Pagaralam.

“Untuk memadamkan titik api di kawasan terbakar, kita lakukan secara maksimal mungkin, walau dengan peralatan seadanya, terlebih jika titik api yang tidak terjangkau, maka dilakukan secara manual,” paparnya.

Pemadaman titik api pun kata Herdensi, dilaksanakan secara terpadu melibatkan berbagai pihak, seperti pemadaman titik api di wilayah Kecamatan Dempo Selatan, pada saat terjadi kebakaran hutan dan lahan, baik pihak kecamatan, kelurahan, Polsek dan Koramil Dempo Selatan, semua turun tangan hingga api bisa dijinakan.

Ditambahkan Herdensi, kebakaran hutan dan lahan sendiri, kemungkinan besar akibat ulah dari tangan manusia sendiri, yang terkadang dengan sengaja melakukan pembakaran, untuk membuka lokasi lahan baru, mengingat bila karena faktor alam, kemungkinan terjadi kebakaran sangat kecil sekali. “Mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan tersebut, kita mengimbau kepada masyarakat, lewat jajaran Camat dan Lurah untuk mengingatkan masyarakat, agar tidak membakar hutan dan lahan,” serunya. (09)

Previous 200 Hektar Hutlin Bakal Dibebaskan
Next Usai Kabut Asap, Waspadai Banjir dan Tanah Longsor