Bangunan Irigasi Air Jemair Kurang Perencanaan


PAGARALAM POS, Pagaralam – Hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) Komisi 3 DPRD Kota Pagaralam di lokasi pembangunan Irigasi Air Jemair, di RT 02 Dusun Sumber Jaya, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah, menemukan berbagai kejanggalan dalam pengerjaan bangunan saluran air, menghabiskan dana APBD Sumsel senilai Rp.2,1 miliar.

Berbagai kejanggalan ditemukan Komisi 3 dengan Ketua Yumisa SE, Dessy, Sepni, Pandin Pirmansyah, Alpian, Kadino, Darmawi dan Didi Buchari, keadaan bangunan kurang memperhatikan pekerjaan, kurang perencanaan, tidak dibuat beronjong sebelum pembuatan saluran irigasi, termasuk kualitas bangunan sangat tidak sesuai dengan kondisi alam dan kontur tanah yang mudah longsor. Selain itu, pola pengerjaan fisik bangunan lebar 1 meter tinggi sekitar 80 cm dengan panjang sekitar 35 meter asal jadi dan tidak sesuai dengan lebar serta kekuatan fisik bangunan sebelumnya.

“Masyarakat awam saja menilai bangunan Irigasi Air Jemair yang didanai APBD Sumsel senilai Rp.2,1 miliar tahun 2014 sangat tidak sesuai. Apalagi kami dari Komisi 3, sangat tidak sesuai. Ai kecol (tidak tepat, red),” kata Ketua Komisi 3 Yumisa, didampingi Didi Bukhari, di lokasi Sidak.

Menurut dia, berdasarkan hasil pemeriksaan bangunan, jelas sangat mudah mengalami kerusakan, padahal baru selesai dibangun. Kondisi ini terjadi karena ada kesan dikerjakan asal jadi. “Ironis memang, bangunan sudah menghabiskan dana hampir Rp.15 miliar, tapi hasilnya jauh dari harapan dan membuat warga kami kecewa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD, Herawadi SSos mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan penanggulangan, karena masih tanggungjawab provinsi dan belum masuk masa pemeliharaan, karena baru beberapa minggu selesai dikerjakan Dinas PU Pengairan Provinsi Sumsel.

Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Ir. Sunarto mengatakan, pihaknya akan segera membuat laporan resmi kepada Dinas PU Provinsi, agar segera dilakukan perbaikan. (09/CE-V)

 

 

Previous Pagaralam Pos Gelar Lomba Penulisan Artikel
Next Kejari Tahan Lima TSK Masjid