AKN Lahat Bakal Ditutup


Foto : Heru/Pagaralam Pos
TERBENGKALAI : Tampak bangunan aula AKN Lahat yang terbengkalai.

PAGARALAM POS, Lahat – Kecewa, mungkin inilah yang bakal dirasa oleh ratusan Mahasiswa Akademi Komunitas (AKN) Lahat. Pasalnya tahun depan pendidikan tinggi yang menginduk dengan Universitas Negeri Padang (UNP) ini terancam ditutup. Karena Pemerintah Pusat menyetopkan pendirian AKN.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat, Sutoko MSi, didampingi Kepala AKN Lahat, Abdurrahman mengatakan, AKN yang dimulai sejak tahun 2014 lalu, tahun ini sudah tidak lagi menerima mahasiswa baru. Karena perkembangannya dinilai terlalu lama. “AKN tidak terancam gagal, tapi terlalu lama kalau untuk jadi Perguruan Tinggi,” elak Sutoko, Rabu (31/7).

Bukan hanya merugikan ratusan mahasiswa yang bergelar D1, D2 saja, ditutupnya AKN juga bakal merugikan Negara. Pasalnya AKN yang sempat jadi kebanggaan mantan Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’i dimasa kepemimpinannya, sudah menelan anggaran APBN 4.9 Miliar (M), hanya untuk satu bangunan aula yang kini terbengkalai di lahan seluas 7,5 hektar di wilayah yang jauh dari pemukiman penduduk. “Bukan AKN Lahat saja yang mengalami ini. Kebijakan Dikti tersebut berlaku secara nasional,” ujar Sutoko.

Informasi AKN bakal bubar ini, cukup mengejutkan Gaharu, selaku Ketua Komisi IV DPRD Lahat yang membidangi. Sebab, bila AKN tutup menurutnya, tentu saja berimbas dengan orang mahasiswa ataupun alumninya.

“Imbasnya bagi alumni, bisa saja tidak dapat menggunakan ijazah. Kita sayangkan ini. Soal aset dan bangunan, tentu Pemerintah Daerah bisa ambil alih,” ujar Gaharu. (mg02) 

Previous Ratusan Gram Sabu, Hasil Operasi Antik 2019 Diblender Petugas
Next Plafon RSUD Empat Lawang Banyak Rusak