Ajak Masyarakat Gunakan Alat KB Ditengah Covid-19


PAGARALAM POS, Muratara – Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP KB) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), distribusikan alat kontrasepsi KB ke Fasilitas Kesehatan Desa. Pendistribusian itu dilakukan untuk mengisi ketersediaan peralatan KB di pedesaan, agar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan alat kontrasepsi KB di saat pendemi corona.

Dikatakan Kepala DPP KB Muratara, Dr Mahendra melalui Kasi Kesetiaan KB Susi bahwa, saat ini di dalam menghadapi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Masyarakat diimbau agar tetap berada di rumah (Stay At Home) agar tidak terlalu banyak beraktivitas diluar. Agar program KB tidak terputus, pihaknya melakukan kebijakan tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh alat kontrasepsi KB. “Sering bertemunya pasangan suami istri itu dapat meningkatnya angka kehamilan yang berpotensi terjadinya Baby Bom atau meledaknya kelahiran bayi,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun alat kontrasepsi KB yang disalurkan tersebut ialah sejenis pil KB dan alat pengaman, dan peralatan tersebut bisa didapatkan secara gratis. “Ada beberapa jenis, para aseptor bisa langsung mengambilnya di polindes, itu gratis, tidak perlu bayar. Namun bila suntik, kita tidak siapkan jasa, jadi harus bayar jasa petugas Polindes,” katanya.

Susi juga mengatakan bahwa, kehamilan akan menjadi penurunan daya tahan tubuh, sehingga tubuh menjadi melemah dan sangat rentan terinfeksi virus. Dan di masa pandemi Virus Corona ini, terkhususnya kepada pasangan suami istri yang usianya sudah terbilang memasuki usia produktif, pihaknya menyarankan agar dapat menunda kehamilan. “Untuk usia produktif tunda dulu kehamilan hingga masa pandemi ini berakhir, karena saat hamil itu tubuh sangat rentan terserang Virus, apalagi pada saat ini kita dilanda virus corona. Jadi kita imbau masyarakat untuk tetap dirumah, dan patuhi imbauan pemerintah, demi untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (Vil23)

Previous Usai Dikunjungi Wabup, Amrullah Bakal Punya Rumah
Next Joncik Kaget Empat Lawang Masuk Wilayah New Normal