Ada Warga Belum Miliki KTP


Foto: Pidi/Pagaralam Pos SURAT PENGANTAR: Beberapa warga menunggu surat pengantar dari kantor kecamatan Dempo Utara, kemarin. Surat pengantar ini nanti digunakan sebagai syarat untuk merekam KTP-el di Disdukcapil.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
SURAT PENGANTAR: Beberapa warga menunggu surat pengantar dari kantor kecamatan Dempo Utara, kemarin. Surat pengantar ini nanti digunakan sebagai syarat untuk merekam KTP-el di Disdukcapil.

PAGARALAM POS, Bumi Agung- Kesadaran warga untuk memiliki KTP elektronik (KTP-el) perlahan-lahan mulai meningkat. Buktinya bisa dilihat di kantor kecamatan Dempo Utara. Hampir setiap hari, warga terus mendatangi kantor ini guna mengurus KTP-el. Meskipun belum bisa merekam data, warga tak mempermasalahkannya. Sebab, mereka masih bisa merekam data di kantor Disdukcapil Pagaralam.

Camat Dempo Utara Drs Bahrul Hidayat melalui Kasi Pemerintahan Izhari menyatakan, imbauan dari Pemerintah berhasil. Buktinya sebut dia, pihaknya terus kedatangan warga yang ingin buat KTP-el. “Hari ini (kemarin) ada 10 warga yang kita bikinkan surat pengantar,”ucap Izhari, ketika dijumpai Pagaralam Pos, kemarin, (26/9).

Surat pengantar berisikan keterangan bahwa yang bersangkutan belum merekam data. Nantinya surat pengantar ini dibawa ke kantor Disdukcapil. Berbekal surat inilah, warga bisa melakukan perekaman data.

Selama melayani warga itu, Izhari mengaku mendapatkan hal-hal yang unik. Satu di antaranya disebutkannya, adanya warga yang sama sekali belum memiliki KTP. “Warga itu datang ke sini. Pas kita tanya sudah punya KTP, jawabannya belum,”ungkapnya. “KTP lama tidak punya, apalagi KTP-el,”ucap Izhari.

Kendati, warga tersebut tetap dilayani dengan baik. Dibuatkan surat pengantar. “Beruntung warga itu punya KK (kartu keluarga). Kalau tidak, tidak bisa kita bikinkan surat pengantar. Sebab, KK adalah syarat bila ingin merekam data,”lanjut Izhari.

Pengamatan Pagaralam Pos, ruangan kerja Izhari nampak ramai. Kursi di ruangan ini dipadati warga. Mereka adalah warga yang ingin mengurus KTP-el. Liza (20) adalah salahseorang di antaranya. Liza mengakui memang belum memiliki KTP-el. “Baru ada KTP lama. Yang terbuat dari kertas biasa,”ujarnya. (11)

#baca berita selengkapnya…terbit 27 september 2016#

Previous Praesent sit amet hendrerit odio vehicula
Next Jalan Rusak Dikeluhkan Pengendara