27 PNS Terjaring dan 193 Ranmor Diamankan


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kapolres Pagaralam AKBP Saut P. Sinaga, melalui Kasat Lantas AKP Herri Widodo mengatakan, melalui Giat Ops Zebra 2013 berlangsung selama 14 hari, dimulai sejak tanggal 28 Novemeber 2013 silam, sedikitnya 452 pelanggaran dan 96 teguran yang diberikan jajaran Satlantas Polres Pagaralam kepada pengemudi kendaraan.

“Dari ratusan pelanggaran yang terjaring dalam operasi Zebra ini, sedikitnya 193 kendaraan roda dua dan empat yang kita amankan lantaran tak lengkap dokumen kendaraan. Setelah intens melakukan razia di sejunlah titik rawan pelanggaran lalin di wilayah hukum Polres Pagaralam,” ujar Herri seraya mengatakan, selama giat yang kita gelar berjalan lancar.

Dia menyebutkan, rincian tilang yang disanksikan kepada pengemudi, untuk roda dua diantaranya 87 pelanggaran helm, 2 pelangaran melawan arus, 7 melanggar rambu berhenti dan parkir sembarangan, 3 melanggar marka berhenti, 223 pelanggaran surat-surat dan 8 pelanggaran kelengkapan kendaraan.

Selain itu, temuan di lapangan pelanggaran bagi pengemudi mobil dan kendaraan khusus, di antaranya 14 pelanggaran safety belt (sabuk pengaman, red), 1 pelanggaran muatan, 1 pelanggaran melawan arus, 10 melanggar rambu berhenti dan parkir, 1 melanggar marka berhenti, 95 pelanggaran surat-surat. “Hasil Ops Zebra selama 14 hari ini petugas juga telah mengamankan 62 SIM, 197 STNK, dan 193 kendaraan, baik roda dua dan empat,” katanya seraya mengatakan kendati umumnya masyarakat pengendara, dalam operasi ini juga sedikitnya 27 PNS yang terjaring karena melanggar lalin.

Lanjut Herry, selama giat Ops Zebra, Satlantas belum menemukan temuan kasus menonjol. Seperti temuan motor bodong alias tanpa surat-surat resmi atau narkoba. Perlu dicermati, selain menekan angka pelanggaran ataupun kecelakaan lalulintas (Lakalantas), juga antisipasi yang bertujuan meminimalisir aksi kejahatan yang ada. Yang mana, operasi yang dimaksud digelar di titik rawan kejahatan, seperti di kawasan Simpang Tanjung Aro, Simpang Manak, Air Perikan dan lokasi lainnya.

“Kita intens menggelar operasi Zebra, dengan melibatkan anggota satuan lain di Polres Pagaralam. Tujuannya, selain menekan pelanggaran, juga meminimalisir aksi kejahatan. Kepada masyarakat diimbau tak hanya melengkapi surat-surat (SIM dan STNK), pun menggunakan pengaman, seperti helm dan safety belt serta menggunakan kelengkapan kendaraan yang standar, seperti knalpot,” imbaunya. (06/CE-V)

Previous Kelulusan CPNS Formasi Umum Diumumkan 24 Desember
Next Temuan Granat Perang Aktif Hebohkan Warga