10 ribu Nila untuk Betelang


PERSIAPAN: Camat Arjanggi didampingi Lurah Hendi beserta RT/RW Dusun Tanjung Pasai meninjau Tebat Betelang kemarin.

PAGARALAM POS,Pagaralam- 10 ribu ekor bibit ikan nila akan dilepas ke Tebat Betelang Dusun Tanjung Pasai Kelurahan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara hari ini (15/4). Hal ini diharapkan bisa meningkatkan populasi ikan di sana.

Rencananya pelepasan ikan nila tersebut akan dilakukan langsung oleh Walikota Pagaralam Alpian SH. Itulah sebabnya kemarin (15/4) Camat Dempo Utara Arjanggi Priatna Hutama SSTP MAP meninjau Tebat Betelang. Ia didampingi Lurah Rebah Tinggi Hendi Kurniawan SE beserta RT/RW Dusun Tanjung Pasai.

“Insyaallah besok siang (hari ini) selepas salat Jumat Pak Wali akan melepas bibit ikan di tebat ini,”ujar Arjanggi, saat ditemui Pagaralam Pos di sela peninjauan lokasi. “Jumlahnya 10 ribu ekor jenisnya nila,”katanya lagi.

Arjanggi menjelaskan,pelepasan bibit ikan nila tersebut merupakan realisasi permohonan pada 2020.Saat itu pihaknya mengusulkan bantuan bibit ikan untuk tebat-tebat milik bersama masyarakat kepada Pemkot. Adapun tujuannya disebutkannya untuk meningkatkan populasi ikan di dalam tebat. “Alhamdulillah tahun ini ada tiga tebat di Dempo Utara yang dapat bantuan bibit ikan,”ucapnya.

Selain Tebat Betelang di Tanjung Pasai, rencananya tebat Kerinjing di Kelurahan Agung Lawangan juga akan mendapatkan bantuan serupa. Sementara satu tebat lagi yakni di Muara Siban Kelurahan Muara Siban tak jadi. Ini karena tebat ini sekarang sudah kering.
Arjanggi berharap masyarakat Tanjung Pasai dapat memelihara ikan di dalam Tebat Betelang dengan baik. Sehingga populasi ikan tercapai sesuai keinginan. “Tolong dijaga,”pesannya.

Sementara itu Lurah Rebah Tinggi Hendi Kurniawan SE mengucapkan rasa syukurnya atas bantuan bibit ikan untuk Tebat Betelang Tanjung Pasai. “Tahun lalu kita memang sudah menyampaikan usulannya.Alhamdulillah tahun ini dapat terealisasi,”ujarnya seraya menambahkan, Tebat Betelang merupakan tebat yang dimiliki warga Dusun Tanjung Pasai secara turun-temurun. (pid11/Mg01)

Previous Pelunasan PBB Ditarget 100 Persen
Next THR Wajib Dibayarkan Tujuh Hari Sebelum Hari Raya