Yulius: Pembangunan Jembatan Paiker Hanya Tiang Pancang Hoak


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Beredar kabar bahwa pembangunan jembatan di paiker tidak selesai tahun ini, dan diperkirakan hanya sebatas tiang pancang, hal ini di bantah wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana.

Sebagai mantan seorang kontraktor, yulius memastikan dana yang tersedia dalam pembangunan jembatan Musi yang menghubungkan Kecamatan Pasma Air Keruh (Paiker) dengan wikayah Kecamatan Ulu Musi dipastikan cukup untuk menyelesaikan pembangunan jembatan sampai selesai.

Diakuinya, hasil lelang pihak kontraktor banting harga turun hingga 24 persen, sebelumnya nilai pembangunan jembatan Rp 34 Milyar turun jadi Rp 24 Milyar. Pihaknya juga mempercayakan pihak kontraktor orang profesional yang biasa membangun jembatan sehingga dengan dana Rp 24 Milyar sudah cukup melakukan pembangunan jembatan tadi. Namun demikian, jembatan yang dibangun tidak seperti jembatan semua yang memakan dana yang besar. Jembatan yang satu ini hanya jembatan biasa dengan tidak mengesampingkan fungsi pembangunan jembatan itu sendiri. “Alhamdulilah, lelangnya di Pusat sudah selesai, bahkan sudah mulai dikerjakan, sepengetahuan saya dibangun sampai selesai,” kata Yulius.

Selanjutnya Yulius mengatakan, info pembangunan hanya sebatas tiang pancang tadi hanya hoax belaka, pembangunan jembatan sesuai SOP akan dikerjakan sampai selesai sesuai RAB, rancangan anggaran biaya jembatan itu sendiri.

Nah dalam pembangunan jembatan itu juga, pihaknya tidak tinggal diam akan melakukan pengawasan yang ketat dengan melihat langsung kelapangan, jika ada hal yang ganjal atau tidak sesuai akan di tegur dan peringatan. Tidak hanya itu, masyarakatpun bisa memberikan pengawasan, apalagi dalam pengerjaan proyek pembangunan, apa saja termasuk jembatan paiker ini ada tine scudule nya, jika tidak selesai atau ada pelanggar kita awasi. “Sekali lagi, pembangunan jembatan hanya tiang pancang itu tidak benar, jembatan yang di bangun jembatan rangka baja biasa,” pungkas Yulius.

Diketahui sebelumnya, jembatan ponton yang menghubungkan Kecamatan Ulu Musi dan Pasma Air Keruh yang putus tahun 2019 lalu, sudah mulai dikerjakan dan dipastikan tahun ini selesai. “Jembatan sudah mulai pengerjaannya dan tahun ini selesai” kata Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad.

Sementara Kadis PU Bina Marga Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Kabid Bina Marga Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Eko Purwanto mengatakan bahwa, pihaknya telah mendapat info dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Lima (B2PJN5), proses lelang dan kontrak sudah selesai dan sudah mulai pengerjaan sejak Jumat (8/6) lalu.
“Kita sudah mendapat konfirmasi dari Balai (B2PJN5), bahwa mereka sudah selesai melakukan proses lelang dan kontrak pengerjaan, dan sejak 8 Mei Bulan kemarin sudah dikerjakan. Kalau tidak ada halangan, Desember 2020 nanti sudah selesai dikerjakan”, Tutur Eko, kemarin.

Dilanjutkannya, untuk akses sementara aktivitas keluar masuk masyarakat menuju Paiker, pihak Balai (B2PJN5) sudah perpanjang kontrak jembatan Beli yang berada di Desa Talang Bengkulu, Air Selimang. “Jadi kita minta masyarakat tetap bersabar, sementara jembatan di bangun masyarkat masi bisa melalui akses jembatan Beli yang berada di Desa Talang Bengkulu, Air Selimang,” ujarnya. (Ac07)

Previous Golkar Beri Sinyal Usung Syarif Surian
Next Puluhan Tahun, Dua Desa “Bermandikan Lumpur”