Waspada, Tiga Fasien Terserang DBD


Foto : Adi/Pagaralam Pos
FOGGING : Personel dari Dinkes Empat Lawang, saat melakukan fogging di pemukiman masyarakat

*Dinkes Gelar Fogging
PAGARALAM POS, Empat Lawang
– Warga empat Lawang diminta waspada, pasalnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, sudah mencatat tiga pasien yang masuk ke RSUD milik Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang tersebut, dan dinyatakan positif mengidap Demam Berdarah Dengue (DBD), sepanjang Januari 2020.

Direktur RSUD Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, dr Devi Andriani melalui Kabid Rekam Medik dan Perencanaan, Joko Prayitno mengatakan, selain tiga pasien positif DBD, ada lagi pasien yang dirawat di RSUD terkena penyakit yang dapat menular ke orang lain. “Penyakit yang kita maksud, antara lain, Gastroenteritis atau Muntaber sebanyak 7 pasien, TB Paru sebanyak 8 pasien, Konjungtivitis atau mata merah akibat inveksi virus atau bakteri sebanyak 6 pasien,” terang Joko.



Selanjutnya urai Joko, pasien Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sebanyak 26 pasien, Bronkitis atau radang selaput saluran bronkial sebanyak 8 pasien. “Ada lagi, pasien yang terkena inveksi kulit itu sebanyak 6 pasien,” urainya.
Meski demikian kata Joko, untuk penyakit berbahaya yang saat ini sedang menghebohkan dunia, yakni penyakit Corona, dia memastikan tidak ada satu pasienpun yang dirawat di RSUD Empat Lawang. “Kalau Corona, itu tidak ada sampai dengan saat ini,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sulni SH mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan warga terserang DBD, makanya langsung melakukan fogging, agar nyamuk yang menyebabkan DBD tidak bisa berkembang dan mati. “Tim sudah dilapangan sekarang, sedang melaksanakan fogging di perumahan GTP, Talang Banyu,” imbuhnya.
Selanjutnya Sulni menyampaikan, agar warga selalu menjaga kebersihan dan menutup kaleng yang kemugkinan ada genangan air, insyaallah penyakit DBD terhindar.”Jika ada warga lain yang terjangkit, kami siap melakuan fogging lagi, begitu sebaiknya, setiap ada informasi, warga melaporke ke pihaknya,” pungkasnya. (Ac07)

Previous Sempat Heboh, Dikira Penculik Anak
Next Ajak Masyarakat Gunakan MKPJ