Waspada KTP Palsu Masuk di Hari Pencoblosan ! Ini Langkah Diambil KPU


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Penggunaan KTP-el palsu untuk mencoblos di Pilkada 2018 patut diwaspadai. Karenanya, KPU Kota Pagaralam akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Saat hari H, kami akan memonitor seluruh TPS,” ucap Komisioner KPU Program dan Data, Rahmat Qori Setiawan Amd.




Dijelaskan Qori, Disdukcapil merupakan lembaga resmi yang bisa menentukan keaslian sebuah KTP-el. Bila nanti ada laporan adanya dugaan KTP-el, pihaknya bersama aparat Disdukcapil akan mengecek. Penggunaan KTP-el untuk mencoblos memang diperbolehkan. Pemilih ini, menggunakan KTP-el karena tak masuk dalam DPT Pilkada.




Kata Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi, pemilih yang membawa KTP-el bisa memilih di TPS sesuai domisili yang tertera di KTP-nya. “Petugas KPPS nanti akan mencatat pemilih yang membawa KTP,ke dalam DPT Tambahan (DPTb),”ucap Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi SE MSi, kemarin.




Setelah itu, pemilih yang menggunakan KTP-el menunggu waktu untuk menyalurkan hak pilihnya. Bagi pemilih DPTb, diberikan waktu mencoblos di atas jam 12 siang. Selain KTP-el, Yenli menambahkan, pemilih yang menunjukkan surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga bisa nyoblos.




Meskipun membenarkan ada potensi, namun Qori optimis jumlah pemilih yang masuk DPTb tak akan banyak. “Karena kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Agar seluruh pemilih yang sudah merekam KTP-el, masuk dalam DPT,” ucap Qori. (11)

Previous H-1, Waka Polda Kerahkan Personel Gabungan BKO Razia Cipkon
Next Optimis Menang, Serahkan Hasil Dengan Yang Di Atas