Waspada, Depot Isi Ulang Belum Sertifikasi Layak


PAGARALAM POS, Pagaralam – Di tengah menjamurnya usaha depot isi ulang air minum, warga diimbau perlu mewaspadai. Pasalnya masih banyak yang belum memiliki izin resmi, atau sertifikasi layak yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam.

“Usaha depot isi ulang air minum bisa dikatakan sudah menjamur di Kota Pagaralam. Dari pendataaan yang kita lakukan, sekitar 80 depot yang telah beroperasi. Dari jumlah ini, baru sekitar 30 depot yang memiliki sertifikat layak sehat, dengan kata lain rekomendasi izin resmi dari Dinkes,” ungkap Kadinkes Kota Pagaralam M. Roshan, didampingi Kabid Farmakmin Sugiantono, melalui Kasi Penyehatan Lingkungan Hendri Eka Saputra SE, kemarin.

Lanjut Hendri, pihaknya sudah melakukan kontrol dan pengawasan ke lapangan dengan melakukan uji lab. “Kualitas air diuji lab, yakni parameter kualitas air, diantaranya mikrobiologi, E-koli, total bakteri, kimia anorganik,” terangnya.

Pengujian sertifikasi layak sehat ini katanya juga merujuk Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia No:/907/Menkes/SK 2002, tentang syarat-syarat kualitas air minum. “Kita imbau kepada para konsumen air minum isi ulang untuk berhati-hati dan cermat memilih depot. Paling tidak telah terpasang rekomendasi izin atau sertifikasi dimaksud,” imbaunya. (06/CE-V)

Previous Angkot Pelat Hitam Diberi Warning 2 Bulan !
Next Kerusakan Hutlin Meluas