Warga VS PT SMS Berujung Jalur Hukum


TEMUI : Warga Eks Transmigrasi Mekar Jaya SP IV TT III, Kecamatan Kikim Barat, temui Ketua Komisi I DPRD Lahat, Nizarudin, Selasa petang (12/1).


PAGARALAM POS, Lahat –
Persoalan antara warga Eks Transmigrasi Mekar Jaya SP IV TT III, Kecamatan Kikim Barat dengan perusahaan sawit PT SMS, bakal berujung dijalur hukum. Pasalnya mediasi antara warga dengan pihak perusahaan dan pemerintah, belum menemukan titik ujung.
Lahan yang diperbutkan ini seluas 1,666 hektar, berada di HGU PT SMS, lokasinya di Desa Mekar Jaya. Namun menurut warga, tahun 1996 lalu lahan tersebut sudah disetifikatkan, dan pada tahun 1998 Pemkab Lahat sudah SK terkait kepemilikan lahan tersebut jadi milik warga. “Disini kami mengadu kepada pemerintah, dan anggota DPRD Lahat, atas klaim lahan yang diklaim PT SMS itu. Karna menurut bukti yang ada, lahan itu statusnya sudah milik warga,” kata Niko Ferlino SH CPL, kuasa hukum warga, Selasa (12/1).
Sementara, Ketua Komisi I DPRD Lahat, Nizarudin menegaskan, kapasitas DPRD khususnya Komisi 1 yang mengurusi persoalan lahan, hanya sebatas penjembatan antara PT SMS dengan warga Desa Mekar Jaya. Nizarudin menyingkapi, semua pihak memiliki opini masing-masing, penyelesaian permasalahan ini hanya bisa dilakukan jika Pemkab Lahat tegas mengambil tindakan.(her18/Mg01)

Previous Giat KIE BNNK Empat Lawang Sasar Pelosok Desa
Next Wabup Beni Hernedi Hadiri RUPS-LB Bank Sumsel Babel