Warga Talang Sawah Tuntut Pembangunan Jalan


PAGARALAM POS, Pagaralam – Ratusan warga Griya Bangun Sejahtera (GBS), Perumnas Talang Sawah, Kecamatan Pagaralam Utara, kemarin (1/12), sekitar pukul 09.00 WIB melakukan demo di DPRD Kota Pagaralam. Mereka menuntut pembangunan jalan di kawasan tersebut yang tak kunjung diperbaiki. Sudah 6 tahun kawasan ini belum tersentuh pembangunan.

Dikatakan Endang Wijaya, salahsatu warga sekaligus Koordinator Aksi, pihaknya mendesak agar jalan di kawasan tersebut dibangun. “Kami lah nyagu jalan karok (kami sudah bosan dengan kondisi jalan yang jelek). Dengan kondisi jalan yang berlubang, becek dan berlumpur membuat warga terganggu. Apalagi, sudah banyak korban dengan kondisi jalan yang rusak, yakni ibu-ibu terjatuh. Bahkan, ada yang keguguran karena jalan bebatuan,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mempertanyakan usulan pembangunan jalan poros GBS, Kelurahan Bangun Rejo, Kecamatan Pagaralam Utara senilai Rp.3 miliar melalui RAPBD Kota Pagaralam tahun 2015 yang terancam batal. “Pemerintah setempat mengaku belum menerima berita acara serah terima antara  pihak Developer, dalam hal ini PT Baiti Sejahtera, dengan Pemerintah Kota Pagaralam. Padahal serah terima tersebut sudah diserahkan pengembang kepada Bagian Administrasi Ekonomi Pembangunan Setdako Pagaralam pada awal Agustus 2014 lalu,” beber Endang.

Sementara Pengembang Perumnas Talang Sawah, Suharindi menuturkan, untuk penyerahan sebenarnya sudah dilakukan. Namun, pada saat pengukuran dan survei, pihak Pemkot Pagaralam tidak ada.

Kepala Bappeda Kota Pagaralam, Zaitun mengatakan, memang pihaknya sudah mengusulkan. Namun, masih banyak administrasi yang belum lengkap, sehingga belum bisa dianggarkan. “Akan kita upayakan, sehingga pembangunan bisa terus dilakukan. Jadi, kesalahan yang ada hanya administrasi,” jawabnya.

Ketua DPRD Kota Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE mengatakan, untuk pembangunan jalan tersebut akan dianggarkan pada APBD Perubahan. Jadi, diharapkan kepada warga untuk bersabar. (08/CE-V)

Previous Rancang Draf Perda Bangunan Gedung
Next Tarik ‘Sumbangan’ Warga, Dipecat !