Warga Muara Payang Masih Dihantui “Auman” Harimau


Foto : Ist For Pagaralam Pos
SISIRI : Petugas BKSDA lakukan penyisiran mencari keberadaan Harimau Sumatera

PAGARALAM POS, Lahat – Adanya satu warga di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, tewas diterkam harimau. Nampaknya kian membuat warga di Kecamatan Muara Payang, Lahat, jadi ketakutan. Apalagi kedatangan pihak BKSDA Rabu (13/11) lalu, guna mencari keberadaan harimau sumatera, yang memasuki perkebunan warga, berujung sia-sia.

Ketakutan warga bukan tanpa alasan, mengingat kucing besar itu diduga masih berkeliaran di sekitar kebun warga. Seperti yang diutarakan Jase (45), warga Desa Talang Tinggi, Kecamatan Muara Payang, Lahat. Hewan dilindungi ini bahkan telah mengobrak abrik, tanaman cabai di ladangnya yang masuk masa panen.




“Saat itu jarak saya hanya sekitar 50 meter, untung tidak diterkamnya. Saudara saya lebih ketakutan, karena harimau itu sampai berada di bawah pondoknya sambil mengaum-ngaum. Sampai hari ini kami tidak berani lagi ke kebun,” ujar Jase, Minggu (17/11).

Dari hasil penulusaran tim BKSDA saat itu, ditemukan tinjak kaki dan bekas tidur harimau. Bahkan ada bekas ember yang sudah dikoyak-koyak oleh harimau yang diduga berjenis kelamin jantan itu. Namun sayangnya, keberadaan hewan bercorak loreng ini masih belum diketahui. Apakah sudah kembali masuk ke hutan rimba, atau masih bersembunyi disekitar kebun warga. “Dari yang teelihat, memang ada harimau besar berjenis kelamin jantan. Mudah-mudahan harimaunya sudah menjauh, dan kembali kehabitatnya. Untuk warga, kita imbau tetap waspada saat berada di kebun,” ujar Feldi, Kepala Resort BKSDA Lahat. (mg02)

Previous 500 Pasang Catin Akan Nikah Massal
Next Tips menghindari serangan Harimau