Warga Ancang-ancang Ngungsi


Foto : Pidi/Pagaralam Pos BERJATUHAN : Sebuah tebing di depan sebuah rumah warga Dusun Tegur Wangi Baru mengalami longsor kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Rilawati terlonjak dari tempat tidurnya. Sekitar pukul 04.00 WIB, jelang subuh kemarin (16/12). Perempuan 55 tahun ini merasakan rumahnya bergetar hebat. Sementara di luar sana, hujan deras masih mengguyur Dusun Tegur Wangi Baru, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara itu. “Seperti gempa,” ujar Rilut-demikian Rilawati biasa disapa-ketika ditemui Pagaralam Pos di kediamannya.

Ia tak berani ke luar. Rilut hanya berani mengintip dari dalam rumah melalui pentilasi udara yang ada di atas jendela rumah bagian depan. Samar-samar, di tengah hujan deras, Rilut mengaku masih dapat melihat, sebagian tanah di depan rumahnya sudah longsor. Ia pun tambah terkejut. “Sebagian pohon jatuh semua ke bawah,” tutur Rilut yang tinggal sendirian di rumahnya ini.




Ketika matahari sudah terang-terang tanah, barulah Rilut memberanikan diri ke luar rumah. Ia pun tambah kaget lantaran tanah di halaman depan rumahnya sudah retak. “Jarak antara longsor dengan halaman rumah Rilut mungkin tinggal empat meteran lagi,” ujar Aryadi, Ketua RW 01 Dusun Tegur Wangi Baru, ditemui di tempat yang sama.

Retakan tanah itulah yang dikahwatirkan Rilut bisa sampai ke rumahnya. Bila ini terjadi, rumahnya bisa ikut amblas. Karenanya ia mengakui, punya pikiran untuk mengungsi. “Kalau memang diminta (ngungsi), saya akan menurut,” ujarnya pelan.




Aryadi mengatakan, longsor ini merupakan kali kedua. Sekira sepekan lalu, longsor terjadi berjarak sekira 30 meteran dari kediaman Rilut. “Yang kita khawatirkan adalah keselamatan dari penduduk dusun ini,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Dempo Utara Arjanggi Priatna Hutama SSTP MAP menyatakan, sudah melaporkan peristiwa longsor di Dusun Tegur Wangi Baru kepada BPBD Kota Pagaralam.

Lurah Pagar Wangi, Nyayu Salmah SSi menambahkan, lokasi longsor itu memang rawan. Ini karena pohon penyangga di sana tidak banyak. Ketika hujan turun, tanah tersebut cepat mudah longsor. (Pid11)

Previous BRI Bank Bernilai di Kawasan Asia
Next Penuh Sesak, Rutan Ajukan PBCB