Wako-Kapolres Patroli dan Sosialisasi Karhutla


Foto : agung/Pagaralam Pos
PATROLI: Wako-Kapolres keliling kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan naik motor cegah kebakaran

Cegah Kerusakan Lingkungan
PAGARALAMPOS Pagaralam – Sebagai bentuk pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kota Pagaralam, Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono dan Walikota Pagaralam Alpan Maskini SH melaksanakan patroli dan sosialisasi terpadu, menggunakan sepeda motor di lokasi lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan.




Rombongan patroli termasuk Walikota dan Kapolres didampingi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pagaralam Asnadi M Aridi menggunakan kendaraan sepeda bermotor, dimulai dari rumah Dinas Walikota, menuju daerah yang diduga rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti Daerah Dempo Selatan




Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH mengatakan, upaya pencegahan Karhutla dengan patroli bersama untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan terhadap kerusakan lingkungan tidaknya musnahnya ekosistem tumbuhan dan hewan, tapi juga kabut asap yang ditimbulkan dapat merusak kehidupan apalagi perekonomian masyarakat.




“Berharap saat musim kemarau kering saat ini diimbau kepada masyarakat menjaga jangan sampai terjadi karhutla serta tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan dan hutan,” katanya.




Sambungnya, sejauh ini dari monitoring kita aman dari Karhutla, tidak ada lahan dan hutan yang terpantau adanya titik api di Pagaralam aman. “Kita berharap untuk kedepan hal seperti hari ini bisa dipertahankan bersama masyarakat menjaga dari segala bentuk bencana kebakaran,” ujarnya.




Sementara itu Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono SIK mengatakan, ada maklumat dari Kapolda Sumsel untuk seluruh jajaran Polres untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Saya mengajak Walikota untuk patroli bersama memontor didaerah Dempo Selatan yang diduga rawan terjadinya Karhutlah,” katanya.




Dikatakan Dwi, dari giat patroli dilaksanakan di kawasan Dempo Setalan tidak ada terdapat titik api, apalagi asap saja saya lihat dari jauh tidak ada dan itu harus dipertahankan. “Saya perintahkan kepada Polsek- Polsek menindaklanjuti kembali jangan sampai ada terjadinya karhutlah, “jalas Dwi




Dwi berpesan, untuk masyarakat jangan sampai membuka lahan ataupun kebun dengan membakar lahan, kita akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku.




Sementara itu Ketua PWI Kota Pagaralam Asnadi M Aridi menyampaikan, sebagai oganisasi wartawan, tentunya kami siap mendukung berbagai program yang dilaksanakan baik Pemerintah Kota Pagaralam maupun Polres Pagaralam, sebagai mitra sekaligus corong informasi bagi masyarakat. (08)

Previous Caleg Dipersilahkan Bantu Korban Bencana
Next Jangan Beri Ruang “LGBT”